IMI Koordinasi dengan FIM, Gelaran WorldSBK di Mandalika Sesuai Jadwal

Kompas.com - 12/10/2021, 15:21 WIB
Andrea Dovizioso saat balapan pada MotoGP Amerika 2021 Gold and GooseAndrea Dovizioso saat balapan pada MotoGP Amerika 2021
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, World Anti-Doping Agency (WADA) atau Badan Anti-Doping Dunia, memasukkan Indonesia sebagai salah satu negara yang tidak mematuhi Kode Anti-Doping Dunia.

Indonesia terancam mendapatkan penangguhan. Indonesia tidak memenuhi syarat untuk diberikan hak menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga, baik tingkat regional, kontinental, atau dunia.

Baca juga: Marak Pencurian Pelek dan Ban Mobil, Lakukan Ini untuk Mencegahnya

Padahal seperti diketahui Indonesia akan menggelar World Superbike (WorldSBK) dan MotoGP. Keduanya direncanakan akan diselenggarakan juga di Sirkuit Mandalika, Lombok dalam waktu dekat.

Lokasi pembangunan rumah khusus (rusus) warga terdampak Pertamina Mandalika International Street Circuit.Dok. BALAI P2P NUSA TENGGARA I/ BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR Lokasi pembangunan rumah khusus (rusus) warga terdampak Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan FIM soal hal tersebut, rencana penyelenggaraan WorldSBK dan MotoGP tetap sesuai jadwal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi soal Mandalika, tadi malam (11/10/2021) kami sudah berkoordinasi dengan FIM, hari ini kami berkirim surat untuk menjelaskan duduk persoalannya diharapkan pada tanggal 19-21 (November 2021) WorldSBK tetap dilaksanakan termasuk juga penyelenggaraan MotoGP tahun depan di bulan Maret," kata Bamsoet di Jakarta, Selasa (12/10/2021).

"Intinya hanya perlu penjelasan dan penegasan dari kita. Karena selain Indonesia ada Thailand yang di dalam tanda petik berpotensi diberi sanksi, tapi tadi malam saya sudah berkordinasi dengan Presiden FIM mudah-mudahan, satu dua hari ini akan mendapat jawaban yang kita harapkan jawaban yang positif," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, memastikan bahwa ancaman sanksi yang dilancarkan oleh WADA tak akan terjadi terhadap Indonesia.

Baca juga: PLN Akan Tambah 11 SPKLU hingga Akhir Tahun Ini

Seri terakhir World Superbike (WorldSBK) 2021 akan digelar di Sirkuit MandalikaDok. Worldsbk.com Seri terakhir World Superbike (WorldSBK) 2021 akan digelar di Sirkuit Mandalika

Menpora menegaskan, Indonesia telah bebas dari setiap ancaman sehingga tetap bisa menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental, dan internasional.

Selain itu, Menpora juga memastikan bahwa Indonesia tetap bisa mengibarkan bendera Merah Putih di setiap ajang, bukan hanya di pentas Olimpiade seperti yang tertera dalam peringatan WADA.

Menpora memastikan hal tersebut setelah mengirim surat dan mendapat respons baik dari WADA yang disebut memahami situasi yang terjadi di Indonesia.

Menpora mengatakan Indonesia belum dicekal dan masih bisa melakukan kegiatan olahraga. Dia meminta tolong untuk tidak membayangkan Indonesia tidak boleh menyelenggarakan kompetisi internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.