Uji Jakarta-Lombok, Motor Listrik BL-SEV01 Balik ke Kampus Budi Luhur

Kompas.com - 12/10/2021, 14:21 WIB
Setelah melakukan perjalanan selama 17 hari Motor listrik Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) KOMPAS.com/GilangSetelah melakukan perjalanan selama 17 hari Motor listrik Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok, NTB, sejauh 1.340 km.

Setelah melakukan perjalanan selama 17 hari, motor listrik tersebut kembali tiba di Kampus Budi Luhur, Jakarta Selatan. Dihadiri Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo dan Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub, Mohamad Risal Wasal.

Baca juga: Curhat Kru Rossi yang Telah Bekerja Bersama 18 Tahun

Setelah melakukan perjalanan selama 17 hari Motor listrik Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01)Foto: KOMPAS.com/Gilang Setelah melakukan perjalanan selama 17 hari Motor listrik Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01)

Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, mengatakan, touring ini berhasil memberikan banyak data-data dan informasi baru yang bisa digunakan studi lebih lanjut.

"Kemampuan BL-SEV01 sudah teruji mampu menghadapi berbagai kondisi jalanan dan cuaca dengan baik tanpa ada kendala yang berarti, serta bisa menyelesaikan tantangan touring Jakarta - Mandalika dengan baik," katanya Selasa (12/10/2021).

Sujono mengatakan, perjalanan touring Jakarta - Mandalika kali ini bukan hanya sekadar ajang pembuktian bagi BL-SEV01 sebagai kendaraan listrik buatan dalam negeri yang tangguh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Marak Pencurian Pelek dan Ban Mobil, Lakukan Ini untuk Mencegahnya

Motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, LombokFoto: Universitas Budi Luhur Motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok

"Seluruh kejadian dan masukan yang ada selama perjalanan kami kumpulkan dan akan kami olah lebih jauh lagi, sehingga diharapkan kami bisa menghadirkan kendaraan listrik lainnya yang lebih tangguh, bertenaga, dan memiliki daya tahan lebih baik," katanya.

Spesifikasi BL-SEV01 yang digunakan touring Jakarta - Mandalika ini dilengkapi dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW.

Catu daya pakai baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Motor bisa melaju hingga 140 km untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.