Warga Depok Bisa Uji Emisi Gratis Pekan Ini

Kompas.com - 07/10/2021, 13:02 WIB
Sanksi uji emisi mobil dan motor mulai diterapkan Januari 2021 DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKISanksi uji emisi mobil dan motor mulai diterapkan Januari 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) mengadakan uji emisi gratis bagi kendaraan bermotor roda empat pada pekan ini.

Tanpa pungutan biaya sama sekali, program tersebut hanya dilakukan di titik tertentu saja. Tujuannya, agar bisa menjangkau seluruh masyarakat dan turut mendorong upaya pemerintah pusat dalam mengurangi emisi gas buang.

"Kami sudah mulai melakukannya pada 5-6 Oktober 2021 di Balai Kota Depok serta Perumahan Telaga Golf Sawangan," kata Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati, dalam keterangannya.

Baca juga: Penyebab Perilaku Sopir Truk Kerap Agresif di Jalan

Uji Emisi Kendaraan Bermotor di Kantor DLH JakartaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Uji Emisi Kendaraan Bermotor di Kantor DLH Jakarta

Sementara hari ini, yaitu 7 Oktober 2021 pelaksanaan uji emisi gratis digelar di depan ruko Sukmaja, Jalan Tole Iskandar atau pertigaan KSU. Adapun kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB.

Kemudian besok atau 8 Oktober 2021, uji emisi dilakukan di depan PT Arista Latindo/Woody, Jalan Raya Jakarta Bogor kilometer 36.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diharapkan program uji emisi gratis ini dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Depok dengan maksimal, serta turut berkontribusi dalam menekan pencemaran udara di Kota Depok dan sekitarnya.

"Target kami 150 kendaraan roda empat per hari," ujar dia.

Baca juga: Bengkel Resmi Terbatas, Ini Cara Servis Mobil Peugeot di Indonesia

Bengkel uji emisi kendaraanKOMPAS.com/Ruly Bengkel uji emisi kendaraan

Sebagai informasi, pada sejumlah bengkel resmi umumnya dipatok biaya untuk melakukan uji emisi. Umumnya, uji emisi di bengkel resmi dilakukan sepaket dengan aktivitas servis berkala.

Jika mendatangi bengkel resmi hanya untuk melakukan uji emisi, biaya yang dikenakan berkisar antara Rp 150.000 sampai dengan Rp 165.000, bisa lebih ataupun kurang tergantung kebijakan masing-masing manajemen bengkel.

“Mudah-mudahan masyarakat Depok bisa lebih memperhatikan kondisi mobil dengan rajin mengganti oli dan memeriksakan gas buang kendaraan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.