Jelang Kehadiran Toyota Avanza Baru, Diler Mulai Buka Pemesanan

Kompas.com - 06/10/2021, 09:42 WIB
Toyota Avanza mendarat di Malaysia Toyota Avanza mendarat di Malaysia

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran generasi terbaru dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di dalam negeri sepertinya bukan lagi sekadar rumors. Setelah berbagai bocorannya ramai di media sosial, kini diler mengakui mulai melakukan persiapan.

Memang, belum dikatakan secara pasti waktu peluncuran kedua mobil kembar itu. Namun, bagi calon konsumen kini dapat melakukan pemesanan melalui diler resmi dengan syarat tanda jadi Rp 5 juta.

Langkah tersebut menjadi penting, mengingat jatuh tempo pemberian pembebasan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) hanya sampai Desember 2021. Jika pembelian dilakukan tahun depan, maka harga mobil berkemungkinan besar naik.

Baca juga: Bocoran Gambar Calon Avanza Baru, Lebih Gagah Mirip Xpander dan Raize

Gambar render calon Toyota Avanza model baru.Bagas Satria Akbar Gambar render calon Toyota Avanza model baru.

Demikian dikatakan salah satu tenaga penjual diler Toyota di wilayah Jakarta yang enggan disebutkan namanya ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (5/10/2021).

"Sudah bisa dipesan mulai kemarin. Keunggulan melakukan pemesanan awal jelas bahwa akan dapat unitnya lebih dahulu. Sehingga, bisa menikmati insentif PPnBM yang berlaku di tahun ini," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nominal terkait akan menjadi faktor pengurang ketika pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku ATPM dari Toyota di Tanah Air mengumumkan harga resmi dari mobil baru itu.

"Misalkan harganya Rp 195 juta, berarti sisanya tinggal Rp 190 juta saja. Ini belum dikurangi oleh diskon dan sebagainya bila memang ada ya, jadi kasarannya seperti itu. Tidak hangus," jelas dia.

Sebelumnya, diketahui bila Low MPV ini sudah masuk dalam dokumen Permendagri No.40 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Baca juga: Mobil Matik dan Manual, Mana yang Lebih Irit Bahan Bakar?

Ilustrasi bocoran harga dasar AvanzaDok. Permendagri No 40/2021 Ilustrasi bocoran harga dasar Avanza

Dalam dokumen tersebut terlihat bahwa mobil yang diduga Avanza terbaru bakal tersedia dalam dua pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc.

Untuk Avanza bermesin 1.300 cc diberi kode W100RE, kemudian tersedia dalam varian 1.3 E M/T dan 1.3 E CVT. S

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.