Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lis Karet Pintu Mobil Bisa Rusak, Begini Cara Menjaganya Biar Awet

Kompas.com - 03/10/2021, 09:21 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen pada mobil yang kerap luput dari perhatian pemiliknya adalah lis karet pada pintu mobil. Padahal, fungsi lis karet ini termasuk vital dalam menunjang kenyamanan pengemudi maupun penumpang di dalam kabin.

Pertama, lis karet berfungsi meredam benturan saat proses menutup pintu mobil. Lalu kedua, untuk meningkatkan kekedapan kabin terhadap suara dari luar mobil. Lantas yang terakhir, lis karet pintu ini juga berguna dalam menahan air masuk ke dalam kabin.

Sama seperti komponen mobil lainnya, lis karet juga punya masa pakai yang terbatas. Artinya, jika usianya sudah terlampau bertahun-tahun dan tidak terawat, fungsinya akan jauh berkurang. Hal ini dibenarkan oleh Rafi'i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Cabang Cilandak.

Baca juga: Bea Cukai Batam Lelang Nissan GT-R R34, Limit Mulai Rp 500 Jutaan

Karet pintu mobil, membantu menambah kekedapan kabin.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Karet pintu mobil, membantu menambah kekedapan kabin.

Ia menjelaskan, ada beberapa ciri yang menunjukkan kondisi lis karet pintu mobil sudah tidak layak pakai. Hal yang paling mudah dilihat adalah teksturnya yang mulai keras dan tidak elastis.

"Cara mengetahui ciri-ciri karet pintu harus diganti. Pertama, bentuknya berubah jadi gepeng, kurang kedap suara di kabin hingga terdengar suara angin seperti siulan," kata Rafi'i belum lama ini.

"Secara fisik karet tampak rusak. Jika ciri-ciri itu mulai terlihat dan terasa, ada baiknya piranti ini diganti baru," ujarnya melanjutkan.

Agar masa pakai lis karet pintu mobil tidak cepat berkurang, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan. Parkir mobil di tempat teduh dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Ini dilakukan agar karet tidak mudah kering dan getas.

Baca juga: Kecelakaan Mobil Terjun Bebas dari Tol, Ingat Aturan Batas Kecepatan

Lis karet pintu mobil Astra Peugeot Lis karet pintu mobil

Lalu hindari kontak langsung dengan karet tersebut. Terutama saat proses memasukkan dan mengeluarkan barang. Sebab gesekan yang berulang-ulang akan membuat karet rentan robek.

Biasakan juga membersihkan kotoran yang menempel pada karet pintu. Caranya adalah dengan mencuci, menyiram di sela-sela lekukan pada karet mobil menggunakan air bersih untuk merontokkan kotoran.

Selain itu, bisa juga memanfaatkan cairan khusus silikon atau silicone sprayCairan ini dapat disemprotkan pada komponen karet tersebut agar jadi lebih licin dan lembab sehingga tidak mudah getas. Semprotan ini mudah ditemui di berbagai toko daring dengan kisaran harga Rp 30.000 - Rp 100.000 tergantung merek dan ukuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com