Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Ada Solusi Kemacetan, Ganjil Genap di Puncak Lanjut Terus

Kompas.com - 03/10/2021, 08:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penerapan ganjil genap di Puncak, Bogor, bakal terus dilakukan sampai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki solusi untuk mengatasi masalah kemacetan di jalur tersebut.

Padahal uji coba sistem ganjil genap di jalur utama penghubung Bogor-Cianjur itu, sampai sekarang sudah memasuki pekan kelima.

Kapolres Bogor AKBP Harun, mengatakan, rekayasa lalu lintas dengan ganjil genap di Puncak akan terus diterapkan.

Baca juga: BMW Indonesia Digugat Konsumen, Minta Ganti Rugi Rp 4,5 Miliar

Setiap akhir pekan di masa PPKM level 2 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, petugas memberlakukan sistem ganjil genap di jalur Puncak.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Setiap akhir pekan di masa PPKM level 2 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, petugas memberlakukan sistem ganjil genap di jalur Puncak.

“Selama belum ada kebijakan, belum ada peraturan dari sana (Kemenhub), maka kami akan melaksanakan uji coba (ganjil genap) terus,” ujar Harun, dilansir dari Antara (2/10/2021).

Untuk mengatasi masalah kemacetan yang selalu terjadi pada akhir pekan, Polres Bogor bakal mengkombinasikan sistem ganjil genap dengan sistem satu arah dari dan menuju Puncak.

Sistem satu arah dari Jakarta menuju Puncak yang dilakukan pada Sabtu (2/10/2021), disebut jadi yang pertama kali dilakukan saat penerapan uji coba ganjil genap.

Baca juga: Bea Cukai Batam Lelang Nissan GT-R R34, Limit Mulai Rp 500 Jutaan

Kendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/pARIF FIRMANSYAH Kendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/p

Polisi beralasan bahwa lalu lintas pada Sabtu pagi terbilang padat, mengingat baru memasuki awal bulan.

Sebagai solusi kemacetan, Kemenhub juga disebut masih melakukan kajian dan menerima sejumlah masukan dari stakeholder untuk menangani kepadatan volume kendaraan di Puncak dalam jangka panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com