Salin Artikel

Lis Karet Pintu Mobil Bisa Rusak, Begini Cara Menjaganya Biar Awet

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen pada mobil yang kerap luput dari perhatian pemiliknya adalah lis karet pada pintu mobil. Padahal, fungsi lis karet ini termasuk vital dalam menunjang kenyamanan pengemudi maupun penumpang di dalam kabin.

Pertama, lis karet berfungsi meredam benturan saat proses menutup pintu mobil. Lalu kedua, untuk meningkatkan kekedapan kabin terhadap suara dari luar mobil. Lantas yang terakhir, lis karet pintu ini juga berguna dalam menahan air masuk ke dalam kabin.

Sama seperti komponen mobil lainnya, lis karet juga punya masa pakai yang terbatas. Artinya, jika usianya sudah terlampau bertahun-tahun dan tidak terawat, fungsinya akan jauh berkurang. Hal ini dibenarkan oleh Rafi'i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Cabang Cilandak.

Ia menjelaskan, ada beberapa ciri yang menunjukkan kondisi lis karet pintu mobil sudah tidak layak pakai. Hal yang paling mudah dilihat adalah teksturnya yang mulai keras dan tidak elastis.

"Cara mengetahui ciri-ciri karet pintu harus diganti. Pertama, bentuknya berubah jadi gepeng, kurang kedap suara di kabin hingga terdengar suara angin seperti siulan," kata Rafi'i belum lama ini.

"Secara fisik karet tampak rusak. Jika ciri-ciri itu mulai terlihat dan terasa, ada baiknya piranti ini diganti baru," ujarnya melanjutkan.

Agar masa pakai lis karet pintu mobil tidak cepat berkurang, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan. Parkir mobil di tempat teduh dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Ini dilakukan agar karet tidak mudah kering dan getas.

Lalu hindari kontak langsung dengan karet tersebut. Terutama saat proses memasukkan dan mengeluarkan barang. Sebab gesekan yang berulang-ulang akan membuat karet rentan robek.

Biasakan juga membersihkan kotoran yang menempel pada karet pintu. Caranya adalah dengan mencuci, menyiram di sela-sela lekukan pada karet mobil menggunakan air bersih untuk merontokkan kotoran.

Selain itu, bisa juga memanfaatkan cairan khusus silikon atau silicone spray. Cairan ini dapat disemprotkan pada komponen karet tersebut agar jadi lebih licin dan lembab sehingga tidak mudah getas. Semprotan ini mudah ditemui di berbagai toko daring dengan kisaran harga Rp 30.000 - Rp 100.000 tergantung merek dan ukuran.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/03/092100515/lis-karet-pintu-mobil-bisa-rusak-begini-cara-menjaganya-biar-awet

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.