Intip Harga LCGC Jelang Penerapan Carbon Tax Oktober Ini

Kompas.com - 03/10/2021, 08:11 WIB
Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki Oktober 2021, harga mobil murah ramah lingkungan alias LCGC, masih stabil. Dari pantauan redaksi, tak ada perubahan atau revisi yang dilakukan agen pemegang merek (APM).

Namun demikian, pada bulan ini juga akan bergulir regulasi baru soal Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang penerapannya berdasarkan hitungan emisi gas buang, atau carbon tax.

Dengan aturan tersebut, maka PPnBM untuk mobil baru tak lagi berdasarkan bentuk seperti sedan atau tidak, atau menggunakan penggerak roda 4x4 atau 4x2, tapi murni dari emisi.

Baca juga: Berlaku Bulan Ini, Simak Bocoran PPnBM Mobil Toyota Setelah Carbon Tax

Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya CVT

Imbasnya, sebagai mobil akan mengalami penurunan harga, salah satunya di segmen sedan yang selama ini dianggap barang mewah.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun di lain sisi, pemberlakukan carbon tax akan menggerek banderol LCGC lantaran dikenakan pajak 3 persen dari sebelumnya 0 persen.

Berdasarkan aturan Melalui Peraturan Pemerintah Nomor 73 tahun 2019 yang diundangkan 16 Oktober 2019, regulasi ini disebut berlaku dua tahun setelahnya, atau mulai diterapkan pada 16 Oktober 2021.

Karena itu, bagi yang sedang mencari LCGC untuk akhir tahun, saat ini jadi kesempatan yang baik sebelum harga naik imbas carbon tax. Apalagi banderolnya juga masih stabil.

Baca juga: Kecelakaan Mobil Terjun Bebas dari Tol, Ingat Aturan Batas Kecepatan

Suzuki Karimun Wagon R edisi spesial 50 tahunKOMPAS.com/Ruly Suzuki Karimun Wagon R edisi spesial 50 tahun

Honda Brio Satya masih dipasarkan mulai dari Rp 151,4 juta hingga Rp 175,4 juta. Demikian juga untuk Suzuki Wagon R yang harganya masih sama dengan September 2021.

Untuk Toyota, konsumen punya kesempatan memiliki varian Agya GR Sport dengan tampilan yang lebih agresif. Tipe ini dihadirkan sebagai pengganti dari model TRD sebelumnya.

Sementara bagi yang mencari mobil murah dengan pilihan harga lebih bervariasi, bisa melirik LCGC keluaran Daihatsu, yakni Ayla dan Sigra.

Baca juga: BR-V Baru Meluncur, Nissan dan Suzuki Kerek Harga SUV Murah Bulan Ini

Komparasi duo LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2020KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Komparasi duo LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2020

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.