Rasanya Naik Bajaj Pulsar 180 Cybertruck

Kompas.com - 03/10/2021, 08:01 WIB
Motor listrik e-Mostra EM3.0 Foto: KOMPAS.com/AdityoMotor listrik e-Mostra EM3.0
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Tak cuma tampilannya yang futuristis, dalaman Bajaj Pulsar 180 ini sudah berjantung listrik. Sehingga instrumennya baik desain dan penggerak menyatu.

Motor ini merupakan hasil karya Emostra Garage yang bermarkas di bilangan Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Dharmawan Somaatmadja sang punggawa, merupakan pegiat motor listrik.

Baca juga: Viral, Video Sekelompok Pengendara Motor Geber Knalpot di Flyover

Soal desain, teknis modifikasi, dan rincian spesifikasi sudah dibahas di tulisan sebelumnya. Kali ini Kompas.com, sedikit membahas bagaimana rasa berkendaranya.

Motor listrik e-Mostra EM3.0Foto: KOMPAS.com/Adityo Motor listrik e-Mostra EM3.0

Sebelumnya Mawan mengatakan, motor ini dibuat untuk tujuan eksebisi. Artinya arah ubahannya ialah untuk penampilan bukan untuk kenyamanan berkendara di jalan raya.

Mengapa demikian, karena motor bernama e-mostra EM3.0 ini ialah motor display jika Komunitas Sepeda/Motor Listrik Indonesia alias Kosmik mengadakan pameran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat pertama kali mencoba duduk terasa strukturnya berubah dari motor standar. Jok lebih pendek karena belakangnya dipotong. Posisi tangan juga dekat badan karena setang berganti.

Baca juga: Penting Saat Musim Hujan, Perhatikan Cara Merawat Defogger

 

Motor listrik e-Mostra EM3.0Foto: KOMPAS.com/Adityo Motor listrik e-Mostra EM3.0

Posisi kaki terutama paha jadi "ngangkang" karena ada bodi samping. Pijakan kaki mudah dijangkau dan meski kaki melebar tapi tetap bisa santai karena motornya matik, alias tinggal gas.

Saat digas terasa sentakan motor cukup kuat. Meski demikian Mawan mengatakan, top speed motor ini dibatasi karena memang tujuannya bukan untuk pemakaian sehari-hari.

Mengenai jantung listik, mesin standar dibuang. Saat ini spesifikasinya memakai baterai 72 volt, kemudian dinamo pakai QS Motor 3.000 W, dan kontroler menggunakan APT. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.