Modifikasi Bajaj Pulsar 180 Listrik Ala Tesla Cybertruck

Kompas.com - 03/10/2021, 07:41 WIB
Motor listrik e-Mostra EM3.0 Foto: KOMPAS.com/AdityoMotor listrik e-Mostra EM3.0
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak alasan seseorang memodifikasi motornya. Meski tak umum, ada yang memodifikasi motor dengan tujuan untuk "memasyarakatkan" motor listrik.

Seperti Dharmawan Somaatmadja, punggawa Emostra Garage, yang memodifikasi Bajaj Pulsar 180. Tak cuma luarnya yang futuristis, dalamannya juga berubah berjantung listrik.

Baca juga: Penting Saat Musim Hujan, Perhatikan Cara Merawat Defogger

"Motor ini dibuat untuk eksebisi. Kebetulan saya anggota Kosmik yang lumayan aktif, dan tujuan Kosmik ialah memasyarakatkan kendaraan listrik dan melistrikkan kendaraan masyarakat," kata Mawan kepada Kompas.com, belum lama ini.

 

Motor listrik e-Mostra EM3.0Foto: KOMPAS.com/Adityo Motor listrik e-Mostra EM3.0

Mawan mengatakan konsep besarnya terinsprasi dari Tesla Cybertruck. Untuk itu arah modifikasinya dibuat agar motor terkesan dari masa depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Motor ini banyak dipotong terutama bagian belakangnya. Kemudian suspensi depan diganti upside down dan suspensi belakang diganti jadi monosok," kata Mawan.

Agar sesuai dengan konsep, Mawan tetap mempertahankan tangki standar hanya bagian samping tangki dipapas supaya lebih ramping.

 

Motor listrik e-Mostra EM3.0Foto: KOMPAS.com/Adityo Motor listrik e-Mostra EM3.0

"Agar bodinya masuk, tapi isinya kosong," katanya.

Kemudian di bagian sampingnya ditambahkan bodi besar dari depan ke belakang. Bisa dikatakan bodi ini menjadi poin penting sehingga motor terlihat menarik.

Baca juga: Ducati Multistrada V2 dan V2S Meluncur, Siap Masuk Indonesia

"Sengaja dibuat seperti ini untuk menarik perhatian orang. Oh ternyata motor listrik bisa dimodifikasi apa saja," kata Mawan.

 

Motor listrik e-Mostra EM3.0Foto: KOMPAS.com/Adityo Motor listrik e-Mostra EM3.0

Pria yang juga berprofesi sebagai arsitek ini mengatakan, meski buat eksibisi sesungguhnya motor yang diberi nama e-mostra EM3.0 ini bisa dipakai di jalan raya.

"Motor ini bisa dipakai di jalan tapi dari segi safety saaya belum tahu, belum tes," katanya.

Untuk modifikasi mesin, jantung standar motor dibuang diganti dengan unit listrik. Spesifikasinya baterai memakai 72 volt, dinamo pakai QS Motor 3.000 W, dan kontroler menggunakan APT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.