Disebut Pengaruhi Gaya Pebalap Muda Jadi Berbahaya, Ini Kata Marquez

Kompas.com - 01/10/2021, 14:21 WIB
Marc Marquez Foto: Twitter Marc MarquezMarc Marquez

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang berpendapat bahwa gaya balap Marc Marquez sangat agresif. Terkadang, pebalap lain jatuh karena gaya balapnya tersebut atau bahkan pebalap itu sendiri.

Belum lama ini, sepupu dari Maverick Vinales, yakni Dean Berta Vinales, meninggal setelah mengalami kecelakaan tragis saat balapan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ucapan Bela Sungkawa Pebalap MotoGP untuk Sepupu Maverick Vinales

Michel Fabrizio, yang juga pebalap World Supersport (WorldSSP), mengeluarkan komentar atas kejadian tersebut yang menyebutkan bahwa saat ini banyak pebalap muda yang menjadi agresif karena terpengaruh dari gaya balap Marquez.

Dean Berta VinalesFoto: Tuttomotoriweb Dean Berta Vinales

"Valentino Rossi mengkritik beberapa tahun lalu ketika Marc Marquez ke MotoGP, dia mengeluhkan soal beberapa manuver dari Marquez yang tidak adil. Anda harus memberikan pujian untuk itu," ujar Fabrizio, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Jumat (1/10/2021).

Fabrizio menambahkan, Marc sudah menjadi referensi dan para pebalap muda ini menirunya. Para pebalap muda tersebut melewati limit, terlalu condong ke lawan saat tikungan, dan mengambil risiko setiap centimeter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Masih Berkabung, Maverick Vinales Absen di GP Amerika

Menurut Fabrizio, pebalap muda sekarang ini banyak mengambil risiko dengan mengikuti gaya balap Marquez yang agresif di trek.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

Marquez turut menanggapi komentar tersebut, sekaligus mengucapkan belasungkawa untuk keluarga Vinales.

"Ini adalah musim yang menyedihkan untuk dunia sepeda motor. Ketika saya membaca kata-kata itu, saya tidak memahami bagaimana seorang pebalap bisa mengucapkan hal semacam itu dalam musim yang sedih ini," kata Marquez.

Pebalap Francesco Bagnaia (Ducati) mengendarai motornya di depan pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) pada MotoGP Aragon di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.AFP/LLUIS GENE Pebalap Francesco Bagnaia (Ducati) mengendarai motornya di depan pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) pada MotoGP Aragon di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.

Marquez mengatakan, dia tidak ingin membuang waktunya dengan membalas komentar tersebut. Ketika membacanya, dia mengatakan kepada dirinya sendiri, ini seharusnya dilupakan.

Marquez tidak sendirian, Fabio Quartararo juga mengomentari ucapan dari Fabrizio.

"Terkadang, orang banyak bicara. Hanya buang waktu membaca komentar-komentar tertentu. Semua orang melihat Marc karena dia yang terbaik dan semua orang ingin sepertinya, tapi saya tidak mau berkomentar lebih jauh," ujar Quartararo.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

Bahkan, Francesco Bagnaia pun juga turut mengomentari ucapan tersebut.

"Dalam momen-momen seperti ini, Anda seharusnya memiliki rasa hormat dan tetap diam. Sudah cukup melihat apa yang terjadi," kata Bagnaia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.