Video Viral Jalan Baru Dicor Langsung Dilewati Motor dan Truk

Kompas.com - 01/10/2021, 13:12 WIB
Ilustrasi jalan sedang dicor di Balaraja, Tangerang Screenshot Instagram @abouttngIlustrasi jalan sedang dicor di Balaraja, Tangerang
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini beredar video yang viral di media sosial, terkait jalan yang tengah diperbaiki namun sudah dilewati seperti biasa oleh warga sekitar.

Dikutip dari Instagram @abouttng (1/10/2021), jalan di Balaraja, Kabupaten Tangerang, tepatnya di jembatan sesudah PT ADIS awalnya sedang diperbaiki dengan pengecoran.

Agar kendaraan tetap bisa melintas, berlaku sistem buka tutup lewat jalan beton yang ada di sampingnya.

Baca juga: Akibat Pecah Ban, Toyota Calya Terguling di Tol Layang MBZ

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh About Tangerang (@abouttng)

Namun sistem buka tutup yang menyisakan satu lajur itu menimbulkan kemacetan parah. Bahkan tak sedikit warga yang nekat melewati jalan yang baru dicor.

Diduga ketika salah satu warga nekat melewati jalan tersebut, warga lainnya yang terjebak macet ikut-ikutan masuk ke lajur yang tengah diperbaiki itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal jalan yang dicor masih dalam keadaan basah, alhasil pengerjaan perbaikan jalan pun sia-sia.

Baca juga: Video Viral Mobil Ditilang karena Bawa Sepeda di Kabin, Polisi Akui Salah dan Minta Maaf

Ilustrasi perbaikan jalan pasca banjir oleh Sudin Bina Marga Jakarta Utaradok. kominfotik Jakut Ilustrasi perbaikan jalan pasca banjir oleh Sudin Bina Marga Jakarta Utara

Djoko Setijowarno, Pengamat Transportasi dan Akademisi dari Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata, mengatakan, seharusnya pada setiap perbaikan jalan ada pengaturan jalan atau pengalihan jalan sampai perbaikan selesai.

“Kemudian waktu pengecoran harus dilakukan pada saat tidak sibuk, misalnya malam hari atau di akhir pekan,” ujar Djoko, kepada Kompas.com (1/10/2021).

“Kalau masih butuh waktu pengeringan yang lebih lama, perbaikan jangan pilih di musim hujan,” kata dia.

Baca juga: Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Versi Hybrid Segera Meluncur

Kendaraan terjebak kemacetan di Desa Cimohong, Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah, Selasa (23/7/2013). Kemacetan sepanjang 2 Kilometer tersebut disebabkan oleh pengecoran salah satu ruas jalan yang menjadi pertemuan Jalur Pantai Utara dengan Jalur Selatan.KOMPAS / FERGANATA INDRA RIATMOKO Kendaraan terjebak kemacetan di Desa Cimohong, Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah, Selasa (23/7/2013). Kemacetan sepanjang 2 Kilometer tersebut disebabkan oleh pengecoran salah satu ruas jalan yang menjadi pertemuan Jalur Pantai Utara dengan Jalur Selatan.

Sementara itu, warga yang melintasi jalan tersebut juga harus memiliki kepekaan terhadap kondisi di sekitar.

Pengerjaan perbaikan jalan tentu bertujuan baik, agar jalanan yang rusak bisa kembali mulus dan nyaman dilewati.

“Harus ada komunikasi dengan masyarakat, diberi tahu, meminta tenggang waktu. Memang butuh pemahaman mendalam di masyarakat,” ucap Djoko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.