Punya Fitur Cruise Control, Pengemudi Tetap Harus Waspada

Kompas.com - 30/09/2021, 19:51 WIB
Fitur cruise control di Mitsubishi Xpander Ultimate Mitsubishi MotorsFitur cruise control di Mitsubishi Xpander Ultimate

JAKARTA, KOMPAS.com – Teknologi yang hadir di mobil penumpang saat ini memang semakin canggih. Salah satu fitur canggih tersebut adalah cruise control, di mana mobil bisa berjalan dengan kecepatan tertentu tanpa perlu menahan pedal gas.

Fitur ini memang sangat memudahkan pengemudi, apalagi jika digunakan di jalan tol dengan kondisi jalan yang kosong. Sehingga pengemudi bisa fokus melihat ke depan, tidak perlu memerhatikan kecepatannya.

Namun hadirnya fitur ini bukan berarti pengemudi lalai, menyerahkan semua kontrol kepada kendaraan. Karena jika sampai lalai, bukan berarti kecelakaan bisa dihindari.

Baca juga: Jangan Pakai Air Keran untuk Wiper Fluid Mobil

Pajero Sport  Mitsubishi Motors Indonesia Pajero Sport

Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia Rifat Sungkar menjelaskan, ada dua tipe cruise control pada kendaraan, pertama cruise control biasa dan satu lagi yang adaptive cruise control.

“Yang dipakai di Mitsubishi Xpander adalah cruise control normal. Kecepatan memang bisa kita lock, tapi driver awareness itu harus menjadi perhatian utama,” ucap Rifat dalam acara MMKSI Virtual Interview, Rabu (29/9/2021).

Sedangkan untuk adaptive cruise control, bisa ditemukan di Pajero Sport Dakar Ultimate. Bedanya, untuk yang adaptive lebih canggih, bahkan disertai dengan radar yang bisa mendeteksi kecepatan mobil di depannya.

Baca juga: Ini Pilihan Mobil Bekas Harga di Bawah Rp 50 Juta di Bandung

“Ketika kita set di 60 kpj, mobil di depan mengerem jadi 50 kpj, mobil kita akan ikut mengerem. Begitu juga jika dia balik lagi ke 60 kpj, mobil akan mengikuti kecepatannya, dan itu sangat membantu,” kata Rifat.

Selain itu, fitur adaptive cruise control juga kerap diiringi fitur forward collision mitigation. Fitur tadi mencegah mobil menabrak kendaraan di depannya dengan mengeluarkan peringatan suara atau sampai menginjak pedal rem secara otomatis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.