Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sederhana Rawat Kaca Depan Mobil Saat Musim Hujan

Kompas.com - 30/09/2021, 19:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbagai kota di Indonesia kini mulai memasuki musim hujan. Bagi pemilik mobil, memang tidak perlu khawatir, karena tidak akan kehujanan jika melakukan perjalanan.

Namun air hujan ternyata bisa menyebabkan water spot atau biasa dikenal dengan jamur di bagian kaca mobil. Jika dibiarkan, bisa saja jamur tadi mengerak dan nantinya akan sulit untuk dibersihkan.

Padahal kaca depan punya peranan penting dan harus bersih. Jika ada kotoran yang mengerak di kaca, bisa saja sedikit menghalangi pemandangan pengemudi ke arah depan.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Land Cruiser 300, Meluncur Akhir Tahun

Jamur kaca mobilFoto: Peugeot Jamur kaca mobil

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia akan memberikan tips simpel untuk menjaga kondisi kaca depan mobil. Tipsnya adalah menyiram kaca depan mobil dengan air bersih setelah mobil dipakai hujan-hujanan.

Mobil yang habis kena hujan, siram kaca depannya pakai air tanah yang ada di rumah. Kalau sempat dilap bagus, atau bisa juga dengan menyalakan wipernya sebentar,” ucap Rifat dalam acara MMKSI Virtual Interview, Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Innova Nekat Terabas Banjir dengan Ketinggian Air hingga Kap Mesin

Rifat mengatakan, air hujan punya kadar keasaman yang tinggi sehingga bisa membuat kerak di bagian kaca depan. Sedangkan air tanah, memang masih ada kadar asamnya, hanya saja tidak setinggi air hujan.

“Unsur asam pada air hujan bisa membuat banyak flek di kaca depan mobil dalam waktu yang cepat,” kata Rifat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com