Mengenal Teknologi PGM-FI, Andalan Motor Honda

Kompas.com - 28/09/2021, 12:02 WIB
Mesin 150cc 1-silinder, SOHC, PGM-FI, berpendingin udara, pada Honda CRF150L. Febri Ardani/KompasOtomotifMesin 150cc 1-silinder, SOHC, PGM-FI, berpendingin udara, pada Honda CRF150L.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik sepeda motor Honda pasti tidak asing dengan beberapa emblem bertuliskan PGM-FI. Saat ini seluruh produk Honda di Indonesia pakai teknologi PGM-FI, andalan Honda.

PGM-FI merupakan kepanjangan Programmed Fuel Injection (PGM-FI) yakni sistem injeksi asupan bahan bakar. Di Indonesia sistem injeksi ini pertama kali diterapkan di motor bebek Honda Supra X125 pada 2005.

Baca juga: Jangan Asal Ganti, Ini Pentingnya Spion Motor

"Tonggak sejarah ini menjadi cikal pensiunnya sistem karburator di seluruh line up Honda di Indonesia," kata Wahyu, Instruktur TSF dalam keterangan resmi, Selasa (28/9/2021).

Diskon motor Honda Juni 2021Foto: Wahana Honda Diskon motor Honda Juni 2021

Wahyu mengatakan, penerapan PGM-FI juga berdampak pada banyak faktor mulai dari performa, keiritan penggunaan BBM, hingga perawatan yang semakin mudah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak hanya irit, PGM-FI ini juga mudah perawatan dan semakin pintar karena ditopang dengan deteksi kerusakan internal pada sistem PGM-FI," katanya.

Secara singkat Wahyu menggambarkan sistem PGM-FI (Sensor Throttle Position, Air temperature, Intake Pressure, Enginee Temperature, Engine Speed, Exhaust Gas O2, Concentration) diteruskan pada ECM Control (ignition timing, Fuel Injection Timing, Fuel Quantity).

Baca juga: Dimulai Akhir Pekan Ini, Berikut Alasan Ganjil Genap Depok Hanya untuk Mobil

Pemilik sepeda motor Honda pasti tidak asing dengan beberapa emblem bertuliskan PGM-FI. Foto: Wahana Honda Pemilik sepeda motor Honda pasti tidak asing dengan beberapa emblem bertuliskan PGM-FI.

Hal itu menghasilkan partikel bahan bakar lebih kecil dan homogen dengan udara, sehingga terbakar dengan sempurna.

"Keuntungannya mesin lebih mudah dihidupkan meski dingin dan dalam jangka waktu yang lama tidak dinyalakan," katanya.

Dalam hal perawatan, injector, throttle body dan fuel pump tidak perlu dibersihkan secara berkala hanya penggantian saringan bensin setiap 48.000 km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.