Salin Artikel

Mengenal Teknologi PGM-FI, Andalan Motor Honda

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik sepeda motor Honda pasti tidak asing dengan beberapa emblem bertuliskan PGM-FI. Saat ini seluruh produk Honda di Indonesia pakai teknologi PGM-FI, andalan Honda.

PGM-FI merupakan kepanjangan Programmed Fuel Injection (PGM-FI) yakni sistem injeksi asupan bahan bakar. Di Indonesia sistem injeksi ini pertama kali diterapkan di motor bebek Honda Supra X125 pada 2005.

"Tonggak sejarah ini menjadi cikal pensiunnya sistem karburator di seluruh line up Honda di Indonesia," kata Wahyu, Instruktur TSF dalam keterangan resmi, Selasa (28/9/2021).

Wahyu mengatakan, penerapan PGM-FI juga berdampak pada banyak faktor mulai dari performa, keiritan penggunaan BBM, hingga perawatan yang semakin mudah.

"Tidak hanya irit, PGM-FI ini juga mudah perawatan dan semakin pintar karena ditopang dengan deteksi kerusakan internal pada sistem PGM-FI," katanya.

Secara singkat Wahyu menggambarkan sistem PGM-FI (Sensor Throttle Position, Air temperature, Intake Pressure, Enginee Temperature, Engine Speed, Exhaust Gas O2, Concentration) diteruskan pada ECM Control (ignition timing, Fuel Injection Timing, Fuel Quantity).

Hal itu menghasilkan partikel bahan bakar lebih kecil dan homogen dengan udara, sehingga terbakar dengan sempurna.

"Keuntungannya mesin lebih mudah dihidupkan meski dingin dan dalam jangka waktu yang lama tidak dinyalakan," katanya.

Dalam hal perawatan, injector, throttle body dan fuel pump tidak perlu dibersihkan secara berkala hanya penggantian saringan bensin setiap 48.000 km.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/28/120200615/mengenal-teknologi-pgm-fi-andalan-motor-honda

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.