Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Berkendara di Musim Hujan

Kompas.com - 28/09/2021, 11:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa wilayah di Tanah Air sudah mulai diguyur hujan, baik dengan intensitas rendah maupun tinggi. Agar aman dalam berkendara menggunakan sepeda motor, perlu adanya persiapan.

Perilaku berkendara sepeda motor juga perlu disesuaikan agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan. Mengingat, kondisi jalan yang basah hingga adanya genangan air akan berpengaruh terhadap daya cengkeram dan kestabilan kendaraan.

Baca juga: Video Pajero Sport Minta Jalan Pakai Strobo dan Sirene di Tol

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menyarankan, pengendara agar memperhatikan beberapa hal berikut ini.

"Yang paling pertama yang harus dipersiapkan dalam menghadapi musim hujan ini adalah kendaraannya, terutama bagian komponen ban-nya," kata Agus kepada Kompas.com, Senin (27/9/2021).

Ilustrasi berkendara saat hujanastramotor.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

Bagian ban yang perlu diperhatikan antara lain yakni alur ban motor. Karena jika alur ban sudah menipis maka daya cengkeram ban terhadap aspal tidak akan maksimal.

"Ban harus dipastikan kembangannya itu masih dalam kondisi yang bai. Sehingga ketika melewati jalan basah, ban dapat menapak ke aspal dengan baik yang berpengaruh juga ke pengereman," kata dia.

Baca juga: Faktor Honda Pede Targetkan 40.000 Unit All New BR-V di 2022

Selain alur ban, pastikan juga tekanan angin pada ban. Tekanan ban harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Selain itu, pada saat awal hujan pengendara tidak disarankan untuk memacu kendaraannya.

"Pada saat awal hujan jangan langsung malah ngebut, soalnya terjadi perubahan suhu pada aspal dan ban yang membuat daya cengkeram juga berkurang," ucap Agus.

Ilustrasi berkendara saat hujanfederaloil.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

Selain kondisi kendaraan, kondisi pengendara juga harus disiapkan agar nantinya tidak sakit atau terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Pengendara Trail Bertemu Macan | Harga Dasar dan Varian Xenia Generasi Baru Bocor

"Pengendara juga harus membawa perlengkapan tambahan seperti jas hujan. Kalau dari segi pengendaranya, harus menjaga fisik supaya tidak sakit," kata Agus.

Agus menyarankan, pada saat kondisi hujan deras sebaiknya menjaga jarak dengan pengguna jalan yang lain. Hujan lebat akan membuat visibilitas pengendara berkurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com