IBC Menargetkan Mampu Suplai Baterai Mobil Listrik Global Mulai 2025

Kompas.com - 24/09/2021, 09:22 WIB
Baterai Mobil Listrik Nissan Leaf Foto: Wikipedia/H.KashiokaBaterai Mobil Listrik Nissan Leaf

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangunan pabrik Indonesia Battery Corporation (IBC) mulai bergulir tahun ini. IBC pun menargetkan bakal menyuplai kebutuhan baterai electric vehicle (EV) atau mobil listrik dunia pada 2025.

Hal ini bisa terjadi sebab IBC memasang target operasi komersial untuk smelting dan recycling diproyeksikan pada 2024, kemudian untuk precursor, cathode, dan battery cell berlangsung mulai 2025.

Presiden Direktur IBC Toto Nugroho mengatakan, pihaknya bakal menyelesaikan tahap akhir kemitraan pada 2021. Kemudian, dilanjutkan dengan proses engineering procurement construction (EPC) pada 2022.

Baca juga: Membandingkan Mesin dan Dimensi Honda BR-V Terbaru dengan Model Lama

Peresmian Indonesia Battery Corporation (IBC)BUMN.go.id Peresmian Indonesia Battery Corporation (IBC)

“Sehingga pada 2025 ke depan Indonesia telah menjadi pemain baterai kelas dunia dengan pasar domestik dan internasional," ujar Toto, dalam webinar Indonesia Energy Transition Dialogue 2021, Kamis (23/9/2021).

Menurutnya, untuk mengembangkan bisnis EV secara terintegrasi dari hulu ke hilir, perusahaan membutuhkan total investasi 15,3 miliar dolar AS dengan kapasitas 140 GWh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Toto juga mengatakan, hal tersebut mencakup smelting nikel, precursor, cathode, cell battery, hingga industri daur ulang.

Baca juga: Menerka Harga Jual Avanza Baru, Varian Termahal Tembus Rp 280 Juta

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (kiri) bersama Ketua MPR yang juga ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (kanan) meninjau stan Toyota untuk mobil listrik pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (kiri) bersama Ketua MPR yang juga ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (kanan) meninjau stan Toyota untuk mobil listrik pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Salah satu tantangan terbesar dalam pengembangan investasi di sektor ini adalah nilai keekonomian yang sesuai.

Namun, hal itu sebetulnya bisa ditunjang dari proyeksi penjualan kendaraan bermotor di Indonesia yang mencapai 8 juta unit pada 2030.

Dengan skenario optimistis, mobil listrik diprediksi bisa mengambil porsi 29 persen dari total penjualan kendaraan.

Baca juga: Vinales Merasa Puas Pindah ke Aprilia dan Meninggalkan Yamaha

Ilustrasi pabrik baterai mobil listrik LG Energy Solutionkoreaittimes.com Ilustrasi pabrik baterai mobil listrik LG Energy Solution

"Kami sudah menghitung, ketika kami produksi baterai di Indonesia dan diekspor ke AS, Eropa, bahkan China, kami punya harga yang kompetitif, karena nikelnya di sini," ucap Toto.

Untuk diketahui, IBC merupakan induk perusahaan yang terdiri dari empat BUMN, yakni PT Antam Tbk., PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero), dan Mind ID.

Sementara itu, proyek baterai mobil listrik di Karawang memiliki nilai investasi 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp 15,6 triliun.

Dalam proyek tersebut, IBC menggandeng mitra strategis, yakni konsorsium asal Korea Selatan, LG Energy Solution dan Hyundai Motor Group.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.