Prediksi Harga Honda N7X, Calon Generasi Baru BR-V

Kompas.com - 21/09/2021, 08:42 WIB
Honda N7X Concept, LSUV baru Honda untuk Indonesia YOUTUBE/HONDAISMEHonda N7X Concept, LSUV baru Honda untuk Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Wujud nyata dari mobil konsep Honda N7X mulai dikenalkan pada hari ini, Selasa (21/9/2021). Mobil ini disinyalir jadi penerus BR-V, Low SUV Honda yang meluncur pertama kali pada 2015.

Walaupun baru diluncurkan, kehadiran mobil ini sudah bisa diprediksi sejak awal 2021. Sinyal rencana PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah bisa terbaca dari info nilai jual kendaraan bemotor (NJKB) yang dirilis tahun ini.

Di situs resmi Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Honda sudah mendaftarkan Honda BR-V terbaru.

Baca juga: Kawasan Puncak Tetapkan Ganjil Genap Permanen

Mobil Konsep Honda N7XKompas.com/SetyoAdi Mobil Konsep Honda N7X

Tercatat kode baru ‘DG3’ setelah nama Honda BR-V. Kode ini menjadi indikasi hadirnya Honda BR-V baru di Tanah Air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab pada tahun-tahun sebelumnya tidak terdaftar kode ‘DG3’ dari mobil penantang Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Cross ini. Seperti diketahui generasi pertama dari Honda BR-V menggunakan kode ‘DG1’.

Selain kemunculan kode mobil baru, tercantum juga harga NJKB dari Honda BR-V model lama.

Baca juga: Banyak Motor Tidak Kuat Nanjak di Tanjakan Cinomati Yogyakarta, Ini Penyebabnya

New Honda BR-V meluncur di IIMS 2019Kompas.com/Setyo Adi New Honda BR-V meluncur di IIMS 2019

Tercatat, harga sebelum sebelum dikenakan pajak, mulai dari Rp 188 juta (tipe S MT) hingga Rp 220 juta (tipe Prestige CVT). Sementara itu, BR-V model lama ini dijual mulai Rp 239,5 juta hingga Rp 279,6 juta OTR Jakarta.

Menariknya, harga dasar pengenaan PKB (Pajak Kendaraan Baru) untuk BR-V DG3 justru lebih rendah, yakni berada di rentang Rp 180 juta (tipe S MT) sampai Rp 217 juta (tipe Prestige HS CVT).

Belum bisa ditebak, berapa harga pasti yang bakal ditawarkan Honda untuk BR-V model baru. Namun dengan sejumlah pembaruan, rasanya agak mustahil bila generasi baru BR-V ini bakal dibanderol lebih murah. Harapan tetap ada, tetapi jangan terlalu muluk!

Baca juga: Giliran Honda Kena Dampak Krisis Cip, Produksi Minus 150.000 Unit

Mobil konsep Honda N7XKompas.com/SetyoAdi Mobil konsep Honda N7X

Memang mobil ini lahir ketika diskon PPnBM 100 persen diperpanjang lagi oleh pemerintah. Tapi harus diingat mulai Oktober mendatang pajak PPnBM berbasis emisi atau carbon tax juga mulai bergulir.

Mobil di segmen Low MPV yang tadinya dikenakan PPnBM sebesar 10 persen, bakal berubah menjadi 15 persen hingga 40 persen bergantung dari emisi yang dihasilkan.

Meski begitu, dari beberapa info yang kami dapatkan, harga BR-V model baru diprediksi berada di rentang Rp 250 jutaan hingga Rp 300 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.