Truk Kerap Gagal Menanjak, Banyak Faktor Penyebabnya

Kompas.com - 18/09/2021, 11:22 WIB
truk mundur dan terguling INSTAGRAM/ROMANSASOPIRTRUCKtruk mundur dan terguling

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan yang melibatkan truk memang kerap terjadi di Indonesia. Salah satunya adalah kejadian truk yang gagal menanjak sehingga harus mundur lagi dan kehilangan kendali.

Akun Instagram Romansa Sopir Truck memperlihatkan sebuah truk trailer yang gagal menanjak. Ketika turun, trailer tidak bisa dikendalikan sehingga truk jadi terbalik.

Truk sebenarnya punya tenaga yang besar, tapi apa yang bisa menyebabkan gagal menanjak dan mundur sehingga terjadi kecelakaan?

Baca juga: Biaya Resmi Mengurus STNK dan BPKB yang Hilang

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, kejadian truk yang gagal menanjak sudah banyak terjadi. Penyebabnya pun beragam, mulai dari gagal mesin, overloading, sampai skill pengemudi.

“Paling sering terjadi karena kondisi mesin yang tidak prima karena minim perawatan. Lalu faktor overloading dan skil pengemudi yang rendah dalam menyikapi tanjakan bisa juga jadi penyebabnya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (17/9/2021).

Skill pengemudi yang kurang ini misalnya dengan salah menggunakan gigi ketika mau menanjak, jadi tidak memanfaatkan momentum dari bawah. Seharusnya, sebelum menanjak sudah memindahkan gigi transmisi ke rendah.

Baca juga: Keuntungan Memblokir STNK Kendaraan yang Sudah Dijual

“Pakai gigi transmisi yang sesuai dan awali dengan momentum yang benar dari bawah. Jangan ganti gigi ketika truk sedang menanjak, efeknya bisa miss gear dan truk meluncur deras ke bawah,” kata Sony.

Jika sudah meluncur, truk sudah tidak dapat dikendalikan. Ketika sudah gaga menanjak, mesin biasanya mati, rem ikut tidak berfungsi, diganjel dengan balok tidak akan berhasil, hanya menunda kecelakaan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.