Bahas Perbedaan Toyota Raize GR Sport Non-TSS dengan TSS

Kompas.com - 18/09/2021, 09:42 WIB
Perbedaan Toyota Raize GR Sport Non TSS dan TSS KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIPerbedaan Toyota Raize GR Sport Non TSS dan TSS

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Raize pertama kali diperkenalkan di Indonesia, akhir April 2021. Saat itu, baru varian mesin 1.0 L Turbo yang diperkenalkan dengan varian paling tinggi yakni Raize GR Sport TSS.

TSS merupakan singkatan dari Toyota Safety Sense, rangkaian perangkat yang terdiri dari berbagai fitur keselamatan kendaraan. Fitur keselamatannya meliputi Pre-collision Warning, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitor, dan Pedal Missoperation Control.

Tipe ini dibanderol Rp 263,7 juta untuk single tone dan Rp 265,9 juta untuk dual tone mengacu dari harga dengan potongan PPnBM sebesar 100 persen. Namun, bagi yang merasa tidak perlu fitur keselamatan tadi, ada pilihan lain yang lebih murah.

Baca juga: Mobil Baru Honda Meluncur Pekan Depan, Sinyal Kuat N7X

Perbedaan Toyota Raize GR Sport Non TSS dan TSSKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Perbedaan Toyota Raize GR Sport Non TSS dan TSS

Varian tersebut adalah Raize GR Sport CVT yang dibanderol Rp 244,7 juta untuk single tone dan Rp 247 juta untuk dual tone. Selain tidak hadirnya fitur TSS, apa saja perbedaan Raize GR Sport non TSS dengan varian paling tinggi?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara tampilan eksterior, bisa dikatakan tidak ada perbedaan. Jika melihat lebih detail, bedanya adalah tidak hadirnya kamera sebagai penunjang TSS di Raize GR Sport ini.

Perbedaannya lebih terlihat saat masuk ke kabin, pertama ada di bagian dasbor, sebelah setir. Untuk varian GR Sport, tidak ada tombol Pre-collision Warning seperti di varian TSS, hanya ada tombol untuk traction control.

Baca juga: Bodi Bus Baru Laksana Legacy SR2 Panorama, Langsung Dipakai PO SAN

Perbedaan Toyota Raize GR Sport Non TSS dan TSSKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Perbedaan Toyota Raize GR Sport Non TSS dan TSS

Kemudian beralih ke bagian setir, perbedaannya ada pada tombol pengaturan alias steering switch di sisi kanan. Pada bagian ini, tombol berfungsi untuk mengubah mode dan trek yang ada di head unit. Sedangkan tombol di sisi kanan setir di varian TSS berfungsi untuk Adaptive Cruise Control.

Perbedaan lainnya ada di bagian instrument cluster, untuk varian TSS ada lima menu yang bisa diatur lewat tombol di sisi kiri setir. Sedangkan untuk tipe GR Sport biasa, menu di instrument cluster hanya ada empat, minus menu adaptive cruise control.

Perbedaan terakhir adalah jumlah airbag, di varian GR Sport hanya ada dua, di sisi pengemudi dan penumpang depan. Sedangkan varian tertinggi punya 6 airbags, dua di setir dan penumpang depan, dua di samping bangku, dan dua lagi di pilar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.