Diskon PPnBM Lagi, Turun Harga dan Refund Uang Konsumen Terjadi

Kompas.com - 18/09/2021, 08:22 WIB
Daihatsu Rocky KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu Rocky

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhirnya, setelah dinanti-nanti para penguasa otomotif, pemerintah kembali memperpanjang relaksasi diskon PPnBM 100 persen sampai Desember 2021. Keputusan ini diatur melalui PMK 120/PMK 010/2021 sekaligus yang kedua kali perpanjangan dilakukan.

Otomatis hal ini membuat para agen pemegang merek (APM) harus merevisi kembali harga jual produknya yang sudah naik menyesuaikan skema 25 persen di awal September.

Tak hanya itu, pemerintah juga mewajibkan pengusaha kena pajak yang sudah melakukan pemungutan, mengembalikan kelebihan PPnBM atau PPN atas pembelian mobil di bulan ini kepada konsumen.

Baca juga: Sah, Diskon PPnBM 100 Persen Diperpanjang sampai Akhir Tahun

Menanggapi hal ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan bila harga produknya akan dikoreksi kembali mengikuti diskon 100 persen seperti Agustus lalu.

Daihatsu Terios IDSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Terios IDS

"Harga per hari ini sudah direvisi dengan diskon 100 persen. Harga pada awal bulan sudah kami naikan (imbas PPnBM 25 persen), tapi per hari ini, semua akan kami revisi jadi diskon 100 persen," ucap Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, dalam peluncuran fitur baru Terios di Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, harga produknya yang mendapat relaksasi akan kembali seperti Agustus.

Namun tidak semua, karena dengan penambahan fitur baru pada Terios, banderolnya juga ikut mengalami peningkatan.

Selain itu, konsumen yang sudah melakukan pembelian di awal September dengan skema 25 persen, dipastikan bakal mendapat pengembalian dana kelebihannya.

Baca juga: Mobil Baru Honda Meluncur Pekan Depan, Sinyal Kuat N7X

Honda City Hatchback RS CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda City Hatchback RS CVT

"Kita jamin dikembalikan, karena selisihnya cukup besar. Contoh Terios, antara harga pada 25 dan 0 persen bedanya sampai Rp 12,3 juta. Jadi yang sudah bayar dan sudah beli, tidak akan dirugikan, kami akan kembalikan kelebihannya," kata Hendrayadi.

Tak hanya Daihatsu, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga akan melakukan hal yang sama bagi konsumen yang sudah membeli jajaran produknya di awal bulan ini.

Business Inovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy, mengatakan bakal segera melakukan penyesuaian besaran pajak mengikuti regulasi yang berlaku saat ini.

Namun demikian, Billy menegaskan bila harga mobil tidak sepenuhnya ditentukan oleh pajak, tapi juga beberapa faktor lainnya seperti, material, nilai tukar, dan sebagainya.

Baca juga: Pakai Eco Idle, Daihatsu Klaim Terios Lebih Irit dan Ramah Lingkungan

Honda MobilioDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Honda Mobilio

"Yang pasti sehubungan dengan pemberlakuan kembali relaksasi PPnBM 100 persen, kami akan memberikan refund kepada konsumen yang sudah melakukan pembelian sejak awal bulan sampai regulasi diberlakukan," ujar Billy kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.