Komentar Dovi Setelah Jajal Yamaha YZR-M1

Kompas.com - 18/09/2021, 10:42 WIB
Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP) ANDREAS SOLAROAndrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso menyelesaikan sesi latihan bebas FP2 di posisi terakhir menggunakan Yamaha YZR-M1 versi 2019 di bawah tim Petronas Yamaha Sepang Racing Team. Dovi pun mulai berkomentar mengenai motor barunya tersebut.

Dari segi catatan waktu, Dovi tertinggal 2,5 detik dari Johann Zarco yang keluar sebagai pebalap tercepat pada FP2. Masih ada banyak hal yang perlu dibenahi pada M1 miliknya.

Baca juga: Bertahun-tahun di Ducati, Ini Komentar Dovi Soal Motor Yamaha M1

Dovi mengatakan, posisi duduk yang benar belum dirasakannya. Sama seperti saat tes motor Aprilia RS-GP, menurutnya, ergonomi adalah yang pertama.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Motor ini tidak bisa dibandingkan dengan Aprilia atau Ducati. Saya tidak berharap sebaliknya. Saya belum ada di titik di mana saya bisa bilang saya merasa baik," ujar Dovi, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (18/9/2021).

Dovi menambahkan, M1 merupakan motor dengan dimensi terbesar yang ada di grid. Dia harus terbiasa terlebih dahulu. Dengan tinggi badannya, akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Dovi Comeback di GP Misano, Merasa Aneh Langsung Balapan

"Terlalu awal untuk bicara soal detail. Yamaha yang saya kendarai delapan tahun lalu bisa dibandingkan dengan mesin ini. Pendekatan para teknisi Yamaha tidak berubah, jadi saya tidak terkejut," kata Dovi.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Valentino Rossi, rekan setimnya, mengatakan, dia sudah berbicara banyak mengenai motor dengan Dovi setelah FP1 dan FP2 selesai. Menurutnya, komentar Dovi sangat menarik.

"Tapi, dari data lebih sulit, karena dia memiliki motor yang berbeda. Anda butuh gaya yang berbeda untuk mengendarai motor itu, pendekatan yang berbeda untuk tikungan," ujar Rossi.

Rossi mengatakan, dia lebih memilih untuk melihat data dari Fabio Quartararo yang menggunakan motor yang sama. M1 yang digunakan Dovi berbeda dari segi pengereman dan saat masuk tikungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.