Akhir Pekan, Polisi Terapkan Ganjil Genap di Pantai Pangandaran

Kompas.com - 18/09/2021, 07:22 WIB
Gerbang masuk utama Pantai Pangandaran ditutup Minggu pagi (23/5/2021) pukul 05.00 WIB. Personel kepolisian mengarahkan kendaraan wisatawan ke Lapangan Merdeka untuk memutar arah lalu kembali ke jalur keluar objek wisata Pantai Pangandaran atau arah Ciamis. KOMPAS.COM/CANDRA NUGRAHAGerbang masuk utama Pantai Pangandaran ditutup Minggu pagi (23/5/2021) pukul 05.00 WIB. Personel kepolisian mengarahkan kendaraan wisatawan ke Lapangan Merdeka untuk memutar arah lalu kembali ke jalur keluar objek wisata Pantai Pangandaran atau arah Ciamis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak Jumat (17/9/2021) kemarin, Satlantas Polres Ciamis mulai memberlakukan skema lalu lintas ganjil genap di kawasan wisata Pantai Pangandaran, Jawa Barat.

Lebih detail, kebijakan tersebut mulai diberlakukan Jumat pukul 13.00 WIB hingga Minggu (19/9/2021) sore pukul 15.00 WIB. Dengan kata lain, ganjil genap ini diterapkan selama akhir pekan untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas wisatawan.

"Sesuai arahan Pak Kapolres, ganjil genap berlaku di dalam kawasan wisata (Pantai Pangandaran)," kata Kasatlantas Polres Ciamis, AKP Zanuar Cahyo Wibowo dilansir dari Kompas.com.

Baca juga: Mobil Baru Honda Meluncur Pekan Depan, Sinyal Kuat N7X

Ia menjelaskan bahwa untuk sementara skema ganjil genap ini hanya berlaku di objek wisata Pantai Pangandaran dikhususkan pada pantai barat. Namun jika ada peningkatan jumlah wisatawan, ganjil genap akan diberlakukan di seluruh objek di kawasan tersebut.

Wibowo menyebutkan sistem ganjil genap ini akan berpusat di persimpangan dekat dengan kantor Susi Air. Kebijakan ini pun sedikit berbeda dengan daerah lainnya. Sebab kendaraan roda dua jadi pengecualian dalam ganjil genap kali ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas, Wibowo turut menjelaskan bahwa sistem satu arah juga diberlakukan di seluruh objek wisata Kawasan Pangandaran. Hal ini dilakukan agar wisatawan tidak menumpuk di satu titik lokasi saja.

Baca juga: Bodi Bus Baru Laksana Legacy SR2 Panorama, Langsung Dipakai PO SAN

Ilustrasi Pangandaran - Pantai Pangandaran (SHUTTERSTOCK/raditya).SHUTTERSTOCK/raditya Ilustrasi Pangandaran - Pantai Pangandaran (SHUTTERSTOCK/raditya).

"Rekayasa arus lalu lintas satu pintu untuk memonitor jumlah wisata yang masuk. Untuk memonitor kawasan wisata apabila sudah overload," jelas Wibowo.

Dengan adanya skema satu arah, diharapkan titik konsentrasi pengunjung pantai akan menyebar tidak hanya menumpuk di wilayah pantai bagian barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.