PPKM Level 3, Satlantas Solo Kurangi Titik Penutupan Jalan

Kompas.com - 16/09/2021, 12:12 WIB
Penutupan akses jalan selama PPKM Darurat di Kota Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (11/7/2021). KOMPAS.COM/DOK PEMKAB KEBUMENPenutupan akses jalan selama PPKM Darurat di Kota Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (11/7/2021).

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan untuk terus melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4 di Jawa-Bali untuk menekan penyebaran Covid-19. Kebijakan itu diperpanjang selama tujuh hari, yang berlaku hingga 20 September 2021.

Baca juga: Bocoran Bus Baru dari Laksana, Pakai Nama Panorama

Keputusan tersebut diumumkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin (13/9/2021) malam.

"Kapan akan terus diberlakukan? Akan terus diberlakukan di Jawa-Bali, evaluasi setiap minggu (sampai 20 September) hingga menekan kasus konfirmasi dan tidak mengurangi kesalahan di negara lain," kata Luhut melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Dengan adanya aturan tersebut, beberapa pemerintah daerah menerapkan berbagai kebijakan untuk mengurangi mobilitas warga. Kebijakan yang diberlkukan antara lain penyekatan jalan, penutupan jalan, dan penerapan ganjil genap.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Satlantas Surakarta (@satlantassurakarta)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masih berstatus level 3, Satlantas Polresta Solo, Jawa Tengah juga menerapkan aturan untuk membatasi mobilitas masyarakat dengan penyekatan dan penutupan jalan.

Baca juga: Lapis Ganjil Genap, Kemenhub Kaji Aturan 4 in 1 di Kawasan Puncak

Berbeda dengan sebelumnya, titik penutupan ruas jalan di Kota Solo berkurang dari yang sebelumnya 5 ruas jalan kini hanya 1 ruas jalan saja yang dilakukan penutupan.

Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra mengatakan, penyekatan dan penutupan jalan masih dilakukan di Kota Solo dengan waktu tertentu.

"Untuk penutupan jalan kita berkonsentrasi ke Jl. Slamet Riyadi krena mobilitas masih tinggi di jalan itu. Sehingga masih kita lakukan penutupan," ucap Adhyt kepada Kompas.com, Rabu (15/9/2021).

Polisi sedang melakukan penyekatan jalan selama PPKM. DOK. Shutterstock Polisi sedang melakukan penyekatan jalan selama PPKM.

Penutupan Jalan Slamet Riyadi dilakukan setiap hari pada pukul 21.30 WIB sampai dengan 05.00 WIB.

Sedangkan untuk penyekatan di perbatasan Kota Solo, Adhyt menyampaikan bahwa penyekatan juga masih dilakukan untuk pengguna jalan dari luar daerah yang akan masuk ke Kota Solo.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Ingat Bahaya Pakai Jas Hujan Ponco

"(Penyekatan) masih tetap dilakukan di hari Sabtu dan Minggu," kata Adhyt.

Adapun kendaraan yang boleh melintas di ruas jalan yang ditutup yakni kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, iring-iringan pengantar jenazah, kendaraan TNI dan Polri, kendaraan Satgas PPKM Darurat, serta konvoi atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.