Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Head Unit dengan TV Tunner dan Voice Commad Bahasa Indonesia

Kompas.com - 13/09/2021, 15:35 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Head unit merupakan salah satu fitur hiburan yang disematkan dalam kendaraan dan berguna untuk menenmani perjalanan. Fitur ini juga biasa dimanfaatkan pengemudi pada saat menghadapi kemacetan di kota besar.

Asuka Car TV merupakan salah satu produk head unit di segmen premium Aftermarket maupun OEM di Indonesia bahkan Asia. Asuka Car TV mengeluarkan produk baru berupa head unit yang dilengkapi dengan tunner TV digital.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2021, Bagnaia Menang, Quartararo Terus Memimpin

"Upaya agresif Asuka Car TV dalam mengembangkan kecanggihan teknologi car entertainment disajikan pada produk terbaru kami kali ini, yaitu Asuka BM-Series," kata Albert Lim selaku Marketing Manager Asuka Car TV dalam keterangan resmi, Senin (13/9/2021).

Ada dua model baru yang dikeluarkan, yakni Head unit ASUKA BM-310 (10 inch) dan BM-309 (9 inch). Produk baru Asuka ini dibanderol dengan harga Rp 11,500,000.

Tampilan layar head unit Asuka BM Seroes 3 yang sudah menggunakan voice command bahasa IndonesiaAsuka Car TV Tampilan layar head unit Asuka BM Seroes 3 yang sudah menggunakan voice command bahasa Indonesia

Penambahan fitur TV digital di head unit ini juga selaras dengan wacana pemerintah tentang perpindahan TV Analog ke TV Digital untuk seluruh daerah di Indonesia.

Selain itu head unit produksi terbaru Asuka juga sudah menggunakan fitur voice command yang tersedia bahasa Indonesia. Hal ini memudahkan pengemudi ataupun penumpang dalam segi penggunaanya.

Baca juga: Catat, Ini Biaya Resmi Ganti Warna Pelat Nomor Kendaraan

"Head unit Asuka BM-Series 3 cukup meredefinisi cara menikmati hiburan nyaman dan aman dalam kendaraan. Fitur Voice Command Bahasa Indonesia membuat ASUKA BM-Series ini menjadi head unit Android Aftermarket pertama yang memiliki fitur ini di Indonesia. Fitur split screen pada head unit Asuka BM-Seri 3 ini memudahkan Anda melihat navigasi dan musik sekaligus dalam satu layar," kata Albert.

Spesifikasi head unit yang ditawarkan yakni menggunakan OS Android 10.0 dan RAM 4GB serta Flash Memory ROM sebesar 64G. Head unit Asuka juga diproduksi dengan biult qiality yang kokoh dan mengklain memiliki prosesor yang lebih cepat.

Tampilan Asuka BM Series 3 di dashboard mobil Asuka car TV Tampilan Asuka BM Series 3 di dashboard mobil

Adapun beberapa keunggulan head unit Asuka BM- Series 3 yang ditawarkan antara lain:

- Memiliki fitur online navigation. Asuka menawarkan kecanggihan dalam sebuah head unit yang dibekali dengan fitur yang memudahkan penggunanya. Salah satu fitur yang diunggulkan yakni fitur online navigation.

Baca juga: Debut Vinales Bersama Aprilia, Finis Ke-18 di GP Aragon

- Sudah menggunakan fitur voice command. Asuka BM-Seri 3 merupakan head unit Android pertama di Indonesia yang menggunakan perintah suara berbahasa indonesia. Dengan hanya mengatakan “Hi Asuka!” dan disusul perintah berikutnya, head unit ini akan merespons suara dan menjalankan program sesuai instruksi.

- Kualitas audio dan video. Head unit ini dilengkapi software Audio Digital Signal Processor (DSP), sehingga membuat Anda enjoy dalam mendengarkan musik selama perjalanan.

Sedangkan untuk layarnya, Asuka BM seri 3 menggunakan layar IPS dan Display UHD 4K. File format 4K HEVC juga dapat dengan mudah diputar melalui USB Port.

Tampilan head unit Asuka car TV BM series 2 di dashboard mobil.Asuka Car TV Tampilan head unit Asuka car TV BM series 2 di dashboard mobil.

- Pengalaman Nonton Digital TV Tuner di mobil. Dengan adanya TV tunner dan layar super HD, head unit ini dapat digunakan untuk menonton siaran TV satelit maupun TV Digital.

Baca juga: Hasil MotoGP Aragon 2021, Bagnaia Asapi Marquez, Rossi Posisi Kedua dari Belakang

BM-Seri 3 mengklaim dapat menerima siaran TV Digital Terestrial maupun satelit dengan gambar yang jernih, sekalipun mobil sedang melaju dalam kecepatan tinggi hingga 160km/jam.

- Harga terbaik kelas premium. Dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkan, head unit ini dibanderol dengan harga Rp 12 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com