Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Karoseri Tentrem Diklaim Bikin Stabil Bus dengan Air Suspension

Kompas.com - 04/09/2021, 18:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia memang masih melanda. Walaupun begitu, karoseri Tentrem tetap berinovasi untuk menciptakan bodi bus yang nyaman.

Melalui akun Instagram karoseri Tentrem, diperkenalkan sebuah stabilizer yang dipasang ke sasis bus. Dalam keterangan unggahan tersebut, tertulis kalau alat ini diklaim bisa meminimalisir limbung dari sasis bus dengan air suspension tipe narrow.

Untuk sasis bus dengan air suspension narrow, di Indonesia baru ada Hino RN285 dan Mercedes Benz OH 1626. Tentrem sudah menguji coba alat ini dan dipasang ke sasis OH 1626 melewati jalanan tol, berliku, bahkan rusak.

Baca juga: Ramai Bengkel Rombak Bodi Jadi Jetbus, Ini Tanggapan Adiputro

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tentrem Karoseri Official (@karoseritentrem)

 

"Setelah melewati beberapa proses observasi dan uji coba, kami menyatakan stabilizer ini sangat berpengaruh pada kenyamanan dan tentunya tidak mengurangi fungsi keamanan dan performa sasis," tulis keterangan pada unggahan tersebut, dikutip Kompas.com, Sabtu (4/9/2021).

Kabarnya bus dengan stabilizer ini sudah bisa dicoba bagi yang penasaran. Bus pertama yang menggunakan stabilizer ini kabarnya akan beroperasi dengan rute Bandung - Padang, nampaknya bus PO EPA Star yang kini masih dalam proses pembuatan di karoseri Tentrem.

Baca juga: Rambut Tipis pada Ban Baru Ternyata Punya Fungsi Penting

Kemudian, mengingat baru dua sasis yang bisa memakai stabilizer ini, bodi yang dipasang ke sasisnya pun terbatas. Nampaknya baru bisa dirasakan pada bodi Avante H7 dan H8, sedangkan H9 disarankan memakai sasis dengan air suspension tipe wide.

Untuk pemasangannya pun cukup mudah, tidak banyak ubahan yang dilakukan pada sasis bawaannya, bahkan untuk suspensi udaranya tetap memakai bawaan pabrik. Stabilizer ini pun diklaim punya berat kurang dari 50 kg dan tidak memengaruhi ground clearance.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com