Catat, Ini Cara dan Biaya Mutasi Kendaraan Bermotor

Kompas.com - Diperbarui 15/04/2022, 08:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beli mobil atau sepeda motor bekas tidak melulu berasal dari domisili sama, tetapi bisa juga dari luar kota. Ketika sudah beli, pemiliik baru wajib mengurus balik nama surat kendaraan bermotor

Proses balik nama ini juga diikuti dengan melakukan mutasi kendaraan bermotor karena pindah lokasi kepemilikan, misalnya antar kota atau antar provinsi.

Namun, tak sedikit yang malas melakukan mutasi untuk balik nama. Sebab, banyak yang beranggapan proses perpindahan tersebut terlalu ribet dan cukup memakan waktu.

Baca juga: Beli Mobil Bekas, Begini Prosedur Balik Nama Kendaraan dan Biayanya

Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta Herlina Ayu, mengatakan, proses mutasi kendaraan hanya dilakukan jika kendaraan yang dibeli berasal dari luar daerah.

Rincian informasi biaya balik nama motor atau biaya balik nama BPKB motor atau biaya balik nama sepeda motor.KompasOtomotif-donny apriliananda Rincian informasi biaya balik nama motor atau biaya balik nama BPKB motor atau biaya balik nama sepeda motor.

“Misalkan warga Jakarta membeli kendaraan dari luar Jakarta, maka perlu melakukan mutasi. Tetapi, kalau masih satu kota tidak perlu mutasi tetapi bisa langsung balik nama,” kata Herlina, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Berikut ini tata cara dan biaya yang diperlukan untuk mutasi kendaraan bermotor, seperti dikutip dari NTMC Polri.

Bagi anda yang berniat untuk melakukan mutasi, berikut syarat, alur dan biaya mutasi kendaraan bermotor seperti dikutip dari NTMC Polri.

Baca juga: Balik Nama Kendaraan Tanpa KTP Pemilik Pertama, Ini Syaratnya

Syarat Mutasi Kendaraan:
1. BPKB

2. STNK

3. Cek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan di kantor Samsat terdekat)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.