Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bodi Bus Medium Sonic MHD, Buatan Karoseri Anugrah

Kompas.com - 06/09/2021, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Perusahaan Karoseri Anugrah Multi Solusi Teknik (AMST) baru mulai beroperasi 2019, di Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat. Kaorseri ini melayani rombak bus bahkan membuat bodi baru.

Walaupun punya umur yang masih belia, para pekerja di karoseri Anugrah mayoritas merupakan mantan karyawan karoseri Rahayu Santosa yang belum lama ini bangkrut. 

Kini karoseri Anugrah sudah merilis satu model bodi bus dengan desain khas. Bodi bus medium ini diberi nama Sonic MHD dan PO Puspa Lestari menjadi operator bus pertama yang menggunakannya.

Baca juga: Terios Nekat Lawan Arah Saat Macet, Bukti Pengemudi Minim Solidaritas

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rahmat An-Najma (@karoseriamstbogor)

 

Handoko, Marketing karoseri Anugrah AMST mengatakan, bodi bus medium Sonic punya beberapa keunggulan dibanding bus medium lainnya. Desain dari bus ini merupakan rancangan dari Rahmat Hidayat, sang General Manager karoseri Anugrah AMST.

“Pertama disebut Sonic MHD karena desain bodi bus yang tinggi. Punya tinggi 3,3 meter, panjang 8,1 meter dan lebar 2,1 meter, Sonic MHD punya bagasi belakang yang luas,” ucap Handoko yang akrab disapa Mas Hand kepada Kompas.com, Minggu (5/9/2021).

Mas Hand mengatakan kalau bagasi yang luas merupakan keinginan dari operator bus medium. Jadi dengan bodi yang kecil, namun bagasinya tetap lega sehingga bisa juga digunakan untuk membawa paket.

Baca juga: Cicilan Toyota Raize Cuma Rp 2,7 Juta per Bulan, Begini Caranya

“Bagasi belakang yang luas dan bagasi samping yang tembus merupakan permintaan kebanyakan operator bus. Dengan bus Medium Sonic MHD, kita menjawa permintaan para PO bus,” kata Mas Hand.

Soal eksterior, bagian depan terlihat garang dengan model lampu yang menyipit. Mas Hand mengklaim kalau model lampu depan dan belakang ini sangat mudah didapatkan di pasar, sehingga jika bus mengalami insiden, tidak sulit mencari suku cadangnya.

Kabin medium bus Sonic MHD karoseri AnugrahDOK. KAROSERI ANUGRAH AMST Kabin medium bus Sonic MHD karoseri Anugrah

Beralih ke bagian dalam, dasbor diberi kelir hitam dan hijau, memang cukup unik untuk bus medium di kelasnya. Selain itu, bisa juga dipasangi lampu variasi di bagian dalam yang berfungsi sebagai ambience light.

“Untuk kapasitasnya, bus medium Sonic MHD ini bisa diisi sampai 33 bangku,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com