Pengendalian Jalur Puncak, Polres Cianjur Juga Terapkan Ganjil Genap

Kompas.com - 05/09/2021, 13:41 WIB
Uji coba pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, mulai diberlakukan pada Jumat (3/9/2021). KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSANUji coba pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, mulai diberlakukan pada Jumat (3/9/2021).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Polres Cianjur menerapkan pembatasan kendaraan dengan skema ganjil genap nomor polisi selama tiga hari guna memaksimalkan pengendalian mobilitas di jalur Puncak, Kabupaten Bogor.

Tiga titik penyekatan disiagakan agar menyaring kendaraan dari arah Bandung menuju Puncak. Hanya saja, belum ada sanksi administrasi yang dikenakan ke pelanggar.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Mangku Anom mengatakan, seluruh mobil dan motor yang tidak sesuai (nomor polisi dengan tanggal terkini), akan diputarbalikkan oleh petugas.

Baca juga: Ganjil Genap di Kawasan Puncak Diklaim Efektif, tapi Terus Dievaluasi

Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021) petang. Terhitung hari ini jajaran Satlantas Polres Cianjur mulai memberlakukan ganji genap.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021) petang. Terhitung hari ini jajaran Satlantas Polres Cianjur mulai memberlakukan ganji genap.

"Sama halnya dengan Bogor, uji coba sistem ganjil- genap dilakukan selama tiga hari, sejak Jumat hingga Minggu," ujar dia, Minggu (5/8/2021).

Anom menyatakan, penerapan kebijakan ini berlaku bagi seluruh kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil yang mengarah ke kawasan Puncak, Cipanas, Cianjur, serta sebagai upaya untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas.

Adapun tiga pos check point yang terbentang di sepanjang jalan utama Puncak - Cianjur, ialah di seputaran Rest Area Seger Alam, Ciloto (Puncak Pass), Pos Traffic Manajemen Center (TMC) Lantas Polres Cianjur, dan Pos Polisi Sukaluyu.

Baca juga: PPnBM 25 Persen, Simak Harga Terbaru Daihatsu Rocky di Yogyakarta

"Ganjil genap disesuaikan dengan tanggal dan angka genap kendaraan yang bisa melintas, kendaraan dengan nomor polisi angka terakhirnya genap, dan yang angka terakhir ganjil tidak dapat melintas," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.