PPKM Level 2-4 Diperpanjang, Ini Aturan Perjalanan Darat yang Berlaku

Kompas.com - 31/08/2021, 15:12 WIB
Petugas memeriksa kendaraan di Tol Kalikangkung. PPKM diperpanjang sampai tanggal berapa, PPKM Jawa-Bali, dan aturan PPKM Level 3 KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAPetugas memeriksa kendaraan di Tol Kalikangkung. PPKM diperpanjang sampai tanggal berapa, PPKM Jawa-Bali, dan aturan PPKM Level 3

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan Pembatasan Keguatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali diperpanjang lagi selama sepekan, mulai dari 31 Agustus hingga 6 September 2021.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, sudah terjadi tren perbaikan Covid-19 selama sepekan terakhir. Perbaikan mulai dari tingkat keterisian rumah sakit, sampai bed occupancy ratio (BOR) nasional yang berada di kisaran 27 persen.

Baca juga: Masih PPKM Level 4, Begini Aturan Perjalanan Darat di Yogya dan Bali

"Untuk itu pemerintah memutuskan mulai 31 Agusutus hingga 6 September 2021 untuk wilayah Jawa-Bali terdapat penambahan wilayah aglomerasi yang masuk ke Level 3, yakni Malang Raya dan Solo Raya," ujar Jokowi, via kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/8/2021).

Jalan Cihideung, Kota Tasikmalaya, salahsatu jalan pusat kota yang sudah tak disekat lagi saat penerapan PPKM Level 4 lanjutan pada Selasa (27/7/2021).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Jalan Cihideung, Kota Tasikmalaya, salahsatu jalan pusat kota yang sudah tak disekat lagi saat penerapan PPKM Level 4 lanjutan pada Selasa (27/7/2021).

Untuk aturan perjalanan, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati, mengatakan, secara garis besar masih tetap sama dan belum ada perubahan.

"Sementara ini masih sama. Terkait aplikasi PeduliLindungi untuk syarat perjalanan transportasi umum sudah berjalan di pesawat dan kereta api jarak jauh, untuk (penerapan) moda yang lain sedang disiapkan," kata Adita, saat dihubungi Kompas.com, Senin (30/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adita mengatakan, bagi calon penumpang transportasi umum yang akan melakukan perjalanan jarak jauh, ketentuan tentang kewajiban aplikasi PeduliLindungi nantinya akan ditetapkan bersama dengan Satgas Covid-19.

Baca juga: Masa Berlaku SIM Habis Saat PPKM, Ada Dispensasi Lagi Mulai Besok

Sedangkan untuk aturan perjalanan PPKM Level 3 di transportasi darat, baik umum dan pribadi, selama sepekan ke depan masih mengikuti Surat Edaran (SE) 56 Tahun 2021.

Aturan ganjil genap di Kota Cirebon mulai resmi diberlakukan Senin (16/8/2021)Tribun Jabar/Ahmad Imam Baehaqi Aturan ganjil genap di Kota Cirebon mulai resmi diberlakukan Senin (16/8/2021)

Kapasitas jumlah penumpang kini sudah bisa mengangkut 70 persen, dari sebelumnya hanya 50 persen, untuk wilayah PPKM Level 3 di Pulau Jawa dan Bali.

Bagi yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh, masih wajib menyertakan kartu vaksin minimal dosis awal dan hasil tes negatif dari PCR atau antigen. Namun, regulasi ini tak berlaku bagi perjalanan aglomerasi.

Dua ruas jalan yang kerap menjadi pusat keramaian di Kota Bandung yakni jalan Asia Afrika dan Jalan Ir H Juanda (Dago) menjadi pilot project pelaksanaan penyekatan kendaraan dengan sistem ganjil genap.KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANA Dua ruas jalan yang kerap menjadi pusat keramaian di Kota Bandung yakni jalan Asia Afrika dan Jalan Ir H Juanda (Dago) menjadi pilot project pelaksanaan penyekatan kendaraan dengan sistem ganjil genap.

Selain dari Kemenhub, besar kemungkinan aturan berkendara dan perjalan PPKM Level 3 yang diterbitkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 35 Tahun 2021 juga masih akan berlaku, yakni :

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.