PPKM Level 2-4 Berlanjut, Syarat Perjalanan Darat Masih Berlaku

Kompas.com - 31/08/2021, 07:41 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAHSejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan kembali perpanjangan PPKM Level 2-4 di Pulau Jawa dan Bali. Pelaksanaannya kini dimulai dari 31 Agustus hingga 6 September 2021.

Dalam keterangan resminya, Jokowi mengatakan telah terjadi tren perbaikan Covid-19 selama sepekan terakhir. Mulai dari tingkat keterisian rumah sakit, sampai bed occopancy ratio (BOR) nasional yang berada dikisaran 27 persen.

"Untuk itu pemerintah memutuskan mulai 31 Agusutus hingga 6 September 2021 untuk wilayah Jawa-Bali terdapat penambahan wilayah aglomerasi yang masuk ke Level 3, yakni Malang Raya dan Solo Raya," ucap Jokowi, via kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/8/2021).

Dengan demikian, artinya kini ada lima aglomerasi di Pulau Jawa dan Bali yang turun menjadi PPKM Level 3, yakni Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, Solo Raya, dan Malang Raya.

Baca juga: Fortuner 2.800 cc Dapat Penyegaran, Harga Tembus Rp 700 Jutaan

Lantas bagaimana dengan aturan atau syarat perjalan serta transportasi, baik umum dan pribadi, terutama di sektor darat pada wilayah PPKM Level 3 ?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)

Menjawab hal ini, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, secara garis besar masih tetap sama dan belum ada perubahan.

"Sementara ini masih sama. Terkait aplikasi PeduliLindungi untuk syarat perjalanan transportasi umum sudah berjalan di pesawat dan kereta api jarak jauh, untuk (penerapan) moda yang lain sedang disiapkan," kata Adita saat dihubungi Kompas.com, Senin (30/8/2021).

Adita menjelasakan, ketentuan tentang kewajiban aplikasi PeduliLindungi bagi calon penumpang transportasi umum yang akan melakukan perjalan jarak jauh, nantinya akan ditetapkan bersama dengan Satgas Covid-19.

Baca juga: Bahaya, Jangan Nongkrong dan Parkir di Jalur Penyelamat

Sedangkan untuk aturan perjalanan PPKM Level 3 di transportasi darat, baik umum dan pribadi selama sepekan ke depan, masih mengikuti Surat Edaran (SE) 56 Tahun 2021.

Polisi sedang melakukan penyekatan jalan selama PPKM. DOK. Shutterstock Polisi sedang melakukan penyekatan jalan selama PPKM.

Mulai dari kapasitas jumlah penumpang yang kini sudah bisa mengangkut 70 persen dari sebelumnya hanya 50 persen, untuk wilayah PPKM Level 3 di Pulau Jawa dan Bali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.