Penyandang Disabilitas Perlu Perhatikan Ini Sebelum Belajar Mengemudi

Kompas.com - 31/08/2021, 06:42 WIB
Ilustrasi penyandang disabilitas mengemudi Dok. cdtcdevelopmentcentre.comIlustrasi penyandang disabilitas mengemudi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyandang disabilitas atau yang memiliki keterbatasan fisik, mereka juga berusaha untuk tetap bisa beraktivitas layaknya orang biasa. Salah satunya adalah keinginan untuk mengemudikan mobil sendiri.

Penyandang disabilitas juga beragam, tidak semuanya memiliki keterbatasan yang sama. Untuk bisa mengemudi, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Interior Toyota Sienta Welcab, Ramah Disabilitas

"Seharusnya menggunakan dua tangan untuk mengemudi. Namun untuk penyandang disabilitas, bila memang tidak memungkinkan ya mau tidak mau satu tangan," ujar Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi penyandang disabilitas mengemudiDok. williamsot.com Ilustrasi penyandang disabilitas mengemudi

Marcell menambahkan, disarankan bagi para penyandang disabilitas untuk menggunakan mobil bertransmisi otomatis atau mobil matik. Tujuannya agar posisi tangan tetap di kemudi.

Selain itu, belajar atau berlatih mengemudi sebaiknya dilakukan di tempat kursus atau sekolah mengemudi yang terakreditasi. Sehingga, ilmu dan teknik yang diajarkan dapat dipertanggung jawabkan.

Baca juga: Stiker Khusus Disabilitas untuk Ganjil Genap Berlaku 1 Tahun

Marcell mengatakan, bagi para penyandang disabilitas yang ingin berlatih mengemudi, sebaiknya lebih waspada dan hati-hati. Terutama, bagi yang mengemudinya menggunakan satu tangan.

"Sebab, bila tabrakan terjadi dan airbag mengembang, saat tangan menyilang di atas kemudi, tangan bisa patah terhajar airbag," kata Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.