Stiker Khusus Disabilitas untuk Ganjil Genap Berlaku 1 Tahun

Kompas.com - 10/09/2019, 09:46 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyandang disabilitas atau difabel diberikan keringanan untuk melintas di jalur ganjil-genap. Tujuannya agar bisa berobat ke rumah sakit di wilayah yang terkena pembatasan ganjil-genap.

Meski demikian tidak serta merta langsung dapat melintas di jalur ganjil-genap. Penyandang difabel harus memiliki stiker khusus yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) dan polisi.

Baca juga: Penerobos Jalur TransJakarta Bakal Tertangkap Kamera E-TLE

Stiker tersebut nantinya ditaruh di mobil sebagai identitas. Untuk mendapatkannya, pemohon bisa mengajukan langsung ke Dishub. Stiker khusus difabel juga memiliki jangka waktu dan harus diperpanjang setiap tahun.

Stiker ganjil genap khusus difabelFoto: Istimewa Stiker ganjil genap khusus difabel

"Jadi setiap tahun harus diperpanjang. Sebab, warnanya nanti berubah-ubah setiap tahunnya," kata Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Syafrin mengatakan, setiap stiker mobil hanya berlaku untuk satu (1) mobil yang khusus membawa difabel, dan tidak boleh mengajukan lebih dari satu mobil.

Baca juga: Viar Gandeng Kampus Teliti Limbah Baterai Motor Listrik

Syafrin mempersilakan warga DKI Jakarta yang ingin mengajukan permohonan, untuk menghubungi nomor ponsel Dishub yang bertugas di 0852-8004-0228 dengan Ibu Tasya atau Bapak Mulyadi.

Persyaratan untuk mengajukan permohonan stiker difabel:

- Surat permohonan (format bebas, ditujukan ke Dishub DKI Jakarta)
- Fotocopy KTP Pemohon
- Fotocopy STNK - Fotocopy KK (Kartu Keluarga)
- Fotocopy Akte Kelahiran
- Fotocopy dokumen medis penunjang (dari rumah sakit)
- Foto dan video difabel (bisa dikirim via WhatsApp). Apabila anak kecil, sebisa mungkin ikut datang saat mengajukan permohonan.
- Hanya boleh mengajukan 1 (satu) mobil yang khusus membawa difabel, tidak boleh mengajukan lebih dari satu mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.