Gerbang ke MotoGP, FIM MiniGP Resmi Digelar mulai 2022

Kompas.com - 30/08/2021, 11:12 WIB
Motor balap MiniGP dari Ohvale Instagram @ohvale_officialMotor balap MiniGP dari Ohvale

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sports dan FIM menggelar FIM MiniGP World Series mulai tahun ini. Ajang balap ini bisa menjadi gerbang awal menuju MotoGP.

Sayangnya, karena situasi pandemi, Indonesia tidak bisa menggelarnya tahun ini sehingga tidak bisa mengikuti World Final tahun ini juga.

Dikutip dari MotoGP.com, Senin (30/8/2021), FIM MiniGP Indonesia Series akan dimulai pada 2022, begitu pula dengan FIM MiniGP Qatar Series dan FIM MiniGP Austria Series.

Baca juga: Motor Balap MiniGP AP10 untuk Pembinaan Usia Dini

Happy Harinto, Plt Wakil Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) International Road Racing Event, mengatakan, FIM MiniGP Indonesia Series adalah ajang pencarian talenta-talenta calon pebalap muda Indonesia untuk bisa masuk ajang MotoGP.

Motor balap MiniGP dari OhvaleInstagram @ohvalecup Motor balap MiniGP dari Ohvale

"Ini adalah kolaborasi antara FIM, Dorna Sports, dan IMI, yang mana setelah terpilih (juaranya) secara nasional akan dikirim ke final yang akan dilangsungkan di Valencia," ujar Happy saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Happy menambahkan, event ini diikuti oleh 15 negara dan pesertanya di rentang usia 10–14 tahun, dan untuk Indonesia sendiri akan dilakukan minimal sebanyak 5 seri.

Baca juga: Petronas SRT Luncurkan Motor MiniGP Edisi Spesial, Cuma 46 Unit

"Event FIM MiniGP Indonesia Series - Road to MotoGP akan kami lakukan di beberapa kota di Indonesia yang bisa jadi kita temukan talenta-talenta baru di sana," kata Happy.

Alrasyid Indo Racing dan SND Racing meluncurkan motor balap MiniGP dengan nama Alrasyid SND AP10Dok. AIR Alrasyid Indo Racing dan SND Racing meluncurkan motor balap MiniGP dengan nama Alrasyid SND AP10

Happy mengatakan, saat ini IMI sedang mempersiapkan segala sesuatunya secara detail sesuai dengan kriteria dari FIM dan Dorna Sports. Akhir September ini, informasinya akan diumumkan secara nasional kepada publik.

"Harapan kami dari IMI tidak hanya sirkuit yang dibangun di negeri ini, tapi juga talenta-talenta muda pebalap Indonesia yang dibangun agar bisa banyak berkiprah di ajang pentas dunia. Sehingga, bibit-bibit muda untuk penjenjangan event kelas dunia bisa tumbuh dan membawa harum nama Indonesia," ucap Happy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.