Kulik Fitur Canggih Truk Seharga Rp 2 Miliar, Mercedes-Benz Actros

Kompas.com - 26/08/2021, 13:41 WIB
Truk Mercedes-Benz Actros disematkan beragam fitur canggih seperti yang sering dijumpai pada sedan mewah Kompas.com/DonnyTruk Mercedes-Benz Actros disematkan beragam fitur canggih seperti yang sering dijumpai pada sedan mewah

JAKARTA, KOMPAS.com - Truk Mercedes-Benz Actros sudah dibekali dengan beragam fitur dan teknologi canggih. Sebagian fiturnya bahkan bisa dijumpai pada sedan-sedan mewah.

Faustina, Head of Product and Marketing PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI), mengatakan, kurang lebih ada 12 fitur keamanan yang disematkan pada truk ini.

"Jadi, kita memang mengadaptasikan fitur keselamatan yang ada pada kendaraan penumpang, kita bawa ke kendaraan niaga," ujar Faustina, kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Baca juga: Bahaya, Jangan Berada di Belakang Truk yang Sedang Diam

Beberapa fitur tersebut, antara lain MirrorCam, Active Brake Assist 5, Proximity Control Assist, Attention Assist, Lane Keeping Assist, Roll Control Assist, rem parkir elektronik, Trailer Stability Control Assist, Active Drive Assist, Hill Holder, dan lainnya.

Truk Mercedes-Benz Actros disematkan beragam fitur canggih seperti yang sering dijumpai pada sedan mewahKompas.com/Donny Truk Mercedes-Benz Actros disematkan beragam fitur canggih seperti yang sering dijumpai pada sedan mewah

Bimo Nuswantoro, Sales and Product Training Off-Road Trucks PT DCVI, mengatakan, Actros generasi kelima ini sistem kelistrikannya sudah ditingkatkan untuk bisa tertanam fitur-fitur yang lebih futuristik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Fitur-fitur tersebut bekerja dibantu oleh dua komponen utama, yaitu radar dan kamera yang letaknya ada di depan," ujar Bimo, kepada Kompas.com.

Baca juga: Tiga Alasan Maraknya Pelemparan Batu ke Truk

Bimo mengatakan, kamera tersebut tidak bersifat merekam, sepeti dash cam. Kameranya berfungsi untuk melihat kondisi sekitar dan radarnya untuk menangkap sensor apakah ada objek di depannya. Jadi, keduanya saling mengirimkan informasi.

Truk Mercedes-Benz Actros disematkan beragam fitur canggih seperti yang sering dijumpai pada sedan mewahKompas.com/Adityo Truk Mercedes-Benz Actros disematkan beragam fitur canggih seperti yang sering dijumpai pada sedan mewah

Fitur MirrorCam pada truk ini hadir untuk membantu pengemudi untuk melihat titik-titik yang dapat dilihat dan memberikan pandangan lebih jelas ketika hujan atau di malam hari.

Saat mengemudi ke depan, pengemudi masih tetap memiliki pandangan yang familiar sama seperti menggunakan kaca spion eksternal.

Namun, ketika mencoba untuk membelok, pengemudi akan mendapatkan pandangan yang optimal dengan memberikan tampilan dari sisi samping kendaraan, melengkapi sistem kaca spion eksternal.

Truk Mercedes-Benz Actros disematkan beragam fitur canggih seperti yang sering dijumpai pada sedan mewahKompas.com/Adityo Truk Mercedes-Benz Actros disematkan beragam fitur canggih seperti yang sering dijumpai pada sedan mewah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.