Rasanya Berkendara Harian dengan Benelli Panarea

Kompas.com - 25/08/2021, 10:22 WIB
Test ride Benelli Panarea Foto: KOMPAS.com/AditTest ride Benelli Panarea

JAKARTA, KOMPAS.com - Benelli Panarea meluncur di IIMS Hybrid 2021, April lalu. Saat itu skutik dengan desain retro klasik ini rilis bersamaan dengan motor listrik Benelli Dong.

Dalam dua tulisan sebelumnya Kompas.com telah membahas mengenai desain dan fitur yang dipunyai Panarea, kini kami akan membahas rasa berkendara selama menjajal Panarea.

Baca juga: Ban Baru dari GT Radial yang Ramah Lingkungan

Duduk di atas motor cukup nyaman. Jok panjang dan posisi setang yang mudah diraih. Posisi kaki juga cukup nyaman. Bagian deknya juga tidak licin meski posisinya agak turun di bagian depan.

Benelli PanareaKOMPAS.com/Gilang Benelli Panarea

Sayangnya tidak disebutkan rinci tinggi joknya. Meski demikian kedua kaki pengendara Kompas.com dengan tinggi 168 cm dan berat 79 kg bisa menapak sempurna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dimensi Panarea memiliki panjang 1.825 mm dan lebar 685 mm dan jarak sumbu roda 1.270 mm. Jarak terendah dari tanah 125 mm, serta bobot 104 kg. Dimensinya ramah untuk orang Indonesia.

Saat kunci kontak dinyalakan mesinnya terasa halus. Akselerasinya pun cukup baik. Putaran bawahnya tidak terlalu terkesan, tapi di putaran menengah motor terasa nyaman.

Panarea mengusung mesin 125cc, 4-tak, SOHC, bore x stroke 53.7 x 55.0. Rasio kompresi 9.0:1, menghasilkan 6,2 kW pada 7.500 rpm dan torsi 9,2 Nm pada 6.000 rpm.

Baca juga: Jaguar Land Rover Punya APM Baru di Indonesia, Gandeng Indomobil Group

Test ride Benelli PanareaFoto: KOMPAS.com/Adit Test ride Benelli Panarea

Di atas kertas kalah dari Honda Scoopy yang mengusung mesin eSP 109,5 cc SOHC, mampu menghasilkan 6,6 kW pada 7.500 rpm, dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Setang dan bodi terasa enteng saat diajak melakukan zig-zag kecil. Saat melewati speed bump dan jalan sedikit rusak suspensi belakangnya empuk nyaman buat pinggang.

Hal tersebut didukung oleh penggunaan ban yang lumayan gendut. Pelek depan belakang lingkar 12 inci. Pelek depan dibalut ban 100/90 sedangkan belakang 110/90.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.