Tips Aman Ngecas Ponsel di Sepeda Motor dengan Output Power

Kompas.com - 24/08/2021, 12:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya di mobil, fitur pengisian baterai ponsel melalui output power juga tersedia di beberapa tipe motor.

Bahkan perangkat tambahan untuk mengisi baterai ponsel ini juga banyak dijual di pasar sehingga bisa dilakukan pemasangan sendiri oleh pemilik kendaraan.

Baca juga: Polisi Berencana Kurangi Ruas Jalan yang Terkena Ganjil Genap

Perangkat pengisi baterai tersebut memang memberikan kemudahan bagi pemilik ponsel untuk mengisi ulang baterainya ketika berada di tengah perjalanan.

Dengan adanya fitur ini, pemilik kendaraan tidak perlu khawatir kehabisan baterai ponsel pada saat melakukan perjalanan jauh.

Namun masih ada pengguna kendaraan bermotor yang khawatir akan penggunaan fitur charger ponsel di sepeda motor. Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor mengatakan, penggunaan fitur tersebut aman digunakan karena memang sudah di desain khusus.

Soket Charger Honda BeAT 2020Dio Dananjaya/Kompas.com Soket Charger Honda BeAT 2020

"Fitur tersebut memang digunakan untuk memudahkan pemilik kendaraan yang kehabisan baterai posel saat dalam perjalanan, jadi memang aman," kata Endro kepada Kompas.com, Senin (23/8/2021).

Baca juga: Harga Lebih Terjangkau, Rocky 1.200 cc Didaulat Jadi Backbone

Endro mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan pengisian baterai ponsel melalui fitur output power yang tersedia di sepeda motor.

"Pada saat melakukan pengisian baterai, disarankan untuk ponsel diletakkan di dalam box yang telah disediakan. Disarankan juga pada saat melakukan pengisian, ponsel dalam keadaan dimatikan," kata Endro.

Yamaha All New Aerox 155 Connected ABSKompas.com/Donny Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS

Hal ini dilakukan untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Jika diletakkan di dashboard, dikhawatirkan ponsel dapat jatuh atau mungkin dengan mudah dapat diambil orang.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Kota Cimahi Berlakukan Ganjil-Genap

Endro juga menjelaskan, untuk membuat aki motor tetap awet dan tidak tekor, disarankan untuk melakukan pengisian baterai pada saat motor dalam kondisi mesin menyala.

"Yang benar itu ngecas HP-nya dengan dihidupkan mesin motornya. Supaya baterai motor jugamendapat pengisian dari mesin motor yang hidup. Karena messin motor yang hidup itu menghasilkan arus listrik." kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.