Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akhir Pekan, Akses Tawangmanngu Ditutup Sementara

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengatisipasi kemacetan saat akhir pekan, Satlantas Polres Karanganyar akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di Kecamatan Tawangmangu.

Rekayasa arus lalu lintas tersebut hanya berlaku setiap Minggu mulai pukul 09.00-15.00.

Petugas nantinya akan ditempatkan di simpang Sumokado. Sedangkan ruas jalan menuju ke Puskesmas Tawangmangu, baik itu dari simpang 3 toko pojok dan simpang 4 BIP akan ditutup.

Sehingga kendaraan dari arah Pasar Tawangmangu tidak dapat belok kiri ke arah puskesmas. Begitu juga kendaraan dari arah timur atau Cemoro Kandang tidak dapat belok kanan menuju ke puskesmas.

Bagi warga luar Tawangmangu yang hendak melintas akan diminta putar balik oleh petugas.

Meski begitu, ada beberapa yang mendapat pengecualian, yakni untuk warga lokal Tawangmangu, sektor kesehatan baik itu ambulans, apotek dan lainnya, tamu hotel serta mobilitas dalam keadaan darurat.

“Ini hasil evaluasi, setiap minggu itu walaupun tempat wisata tutup, tapi di Tawangmangu setiap minggu, informasi dari teman-teman (anggota) padat. Karena PPKM masih level 4, untuk mengantisipasi disamping kepadatan arus juga mengurangi kerumunan,” kata Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Sarwoko, Jumat (20/8/2021).

Sarwoko mengatakan, masyarakat luar Tawangmangu akan diminta putar balik di simpang Sumokado.

Anggota Satlantas Polres Karanganyar akan berjaga sekaligus mengecek setiap kendaraan dari arah barat atau Karangpandan dan Karanganyar Kota yang hendak menuju ke kawasan Tawangmangu.

“Nanti kita cek satu per satu di Sumokado. Kita tempatkan personel. Kalau warga lokal, warga Tawangmangu diperbolehkan masuk. Termasuk warga Magetan. Kalau tidak memenuhi kriteria warga lokal atau warga setempat situ (Tawangmangu), terpaksa kita arahkan untuk putar balik,” kata dia.

Sarwoko melanjutkan, pembatasan mobilitas ini dilakukan dalam rangka mengurangi kepadatan arus lalu lintas dan kerumunan di kawasan Tawangmangu terutama saat akhir pekan. Hal ini lanyaran masih diberlakukannya PPKM Level 4 hingga 23 Agustus 2021.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/21/072200015/akhir-pekan-akses-tawangmanngu-ditutup-sementara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke