Mobil dan Motor Listrik Bisa Dicicil, Gimana Syarat Kreditnya?

Kompas.com - 19/08/2021, 18:21 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (kiri) bersama Ketua MPR yang juga ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (kanan) meninjau stan Toyota untuk mobil listrik pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGMenteri Perindustrian Agus Gumiwang (kiri) bersama Ketua MPR yang juga ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (kanan) meninjau stan Toyota untuk mobil listrik pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren kendaraan elektrifikasi sudah sampai di Indonesia. Kini beberapa merek roda empat dan roda dua mulai gencar menawarkannya.

Adira Finance selaku lembaga pembiayaan di bawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga telah memiliki program untuk pembiayaan mobil dan motor listrik.

“Tentu saja kita sudah mempersiapkan juga, kita mengetahui bagaimana pemerintah sangat men-support electric vehicle (EV) yang ada di Indonesia,” ujar Harry Latif, Direktur Portofolio Adira Finance, dalam konferensi virtual (19/8/2021).

Baca juga: Polisi Bilang Sudah Amankan Aksi Lempar Batu di Tol Sumatera

Ilustrasi pelayanan Adira Finance.Baihaki/Kontan Ilustrasi pelayanan Adira Finance.

Menurut Harry, penjualan kendaraan listrik di luar negeri sudah cukup pesat. Indonesia pun disebut telah siap untuk ikut tren ini.

“Jadi kita pun sudah memiliki produk-produk dan program-program untuk men-support teman-teman APM maupun diler yang memiliki produk EV ini,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Niko Kurniawan, Direktur Penjualan, Pelayanan, dan Distribusi Adira Finance, mengatakan, secara umum persyaratan kredit bagi kendaraan listrik masih sama dengan kendaraan konvensional.

Baca juga: Suzuki Carry Dikejar Harimau, Ban Mobil Digigit Sampai Kempis

Ilustrasi stasiun penukaran baterai motor listrikDok. Nikkei Asia Ilustrasi stasiun penukaran baterai motor listrik

“Mengenai persyaratan kredit, sampai sekarang kami belum membedakan antara kendaraan listrik dengan kendaraan konvensional,” ujar Niko.

“Tapi ke depannya kita coba lihat, apa saja mungkin penerapan yang disampaikan atau kebijaksanaan dari pemerintah,” tuturnya.

Niko mengatakan, promo khusus buat kendaraan listrik bukan hal mustahil. Sebab di luar negeri juga sudah ada kebijakan khusus buat kendaraan-kendaraan ramah lingkungan.

Baca juga: Sah, Honda Serahkan City Hatchback RS ke Greysia dan Apriyani

Prescon Adira Virtual Expo 2021Dok. Adira Finance Prescon Adira Virtual Expo 2021

“Seperti misalnya kalau di luar negeri itu ada kebijakan khusus buat kendaraan-kendaraan yang karbonnya rendah, sehingga bisa diberikan kredit rate yang lebih rendah, kemudian juga subsidi dan lain-lain,” kata Niko.

“Tapi sampai sekarang masih belum, persyaratan kredit masih tetap sama, kita juga lebih melihat riwayat customer seperti apa,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.