Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Parkir Mobil di Bidang Jalan yang Miring

Kompas.com - 12/08/2021, 16:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terkesan sepele, menempatkan mobil saat parkir tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pemilik harus memastikan ruangan, posisi kemiringan, sampai dengan suhunya.

Terlebih, bila kendaraan roda empat tersebut akan diparkirkan dalam waktu yang cukup lama. Jangan sampai ketika hendak digunakan kembali, mobil tidak dalam kondisi prima atau siap jalan.

"Posisi kemiringan parkir sangat penting, ini yang sering terlewat karena ada hubungannya dengan kaki-kaki mobil," kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000 dalam keterangannya, Kamis (12/8/2021).

Baca juga: Jangan Egois, Pentingnya Punya Garasi Mobil

Tempat parkir mobilThinkstock Tempat parkir mobil

Sebab, lanjut dia, suspensi mobil sebagai penopang beban ke permukaan ditentukan bagaimana kemiringan mobil ketika berhenti.

Logika mudahnya, misalkan mobil tengah diam pada bidang jalan miring maka suspensi akan menumpu beban lebih berat yang miring tersebut.

"Semisal mobil parkir miring ke kanan, maka suspensi sebelah kanan akan memiliki beban tumpu lebih besar. Dampaknya adalah umur pakainya jadi lebih cepat," jelas Imansyah.

Dalam kurun waktu yang lama atau terus-menerus terulang, hal tersebut akan berdampak signifikan pada suspensi mobil. Sehingga sebaiknya untuk parkir dalam durasi panjang pilihlah permukaan yang rata.

Baca juga: Ganjil Genap Efektif Batasi Mobilitas Warga, tapi dengan Syarat

Ilustrasi parkiran mobil di Jepang Ilustrasi parkiran mobil di Jepang

"Tapi bukan berarti mobil tidak boleh parkir di permukaan miring. Boleh-boleh saja tapi sebaiknya tidak dalam waktu lama," kata dia.

Jika mobil sering parkir di bidang miring maka sebaiknya segera periksa suspensinya ke bengkel terdekat. Tak lupa, periksa pula lantai garasi untuk melihat seberapa curam kemiringannya.

"Guncangan-guncangan pada mobil pada umumnya disebabkan karena jalan yang tidak rata maupun lainnya. Agar selalu nyaman saat berkendara, kita harus memastikan bahwa semua komponen kaki-kaki dan suspensi selalu dalam kondisi baik dan terawat," ujar Imansyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com