Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalin Kerja Sama, Motor Listrik Katalis Pakai Baterai ABC

Kompas.com - 12/08/2021, 15:09 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Katalis Jaya Indonesia, produsen motor listrik Katalis, resmi menjalin kerja sama dengan PT International Chemical Industry, produsen baterai ABC.

Kerja sama ini tertuang dalam “Memorandum of Understanding Between PT Katalis Jaya Indonesia & PT International Chemical Industry”.

Kedua perusahaan sepakat menggabungkan keahlian dan riset mereka dalam mengembangkan sebuah produk guna mendorong pertumbuhan kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

Baca juga: Katalis Persembahkan Spacebar Quatro-P untuk Konsumen Pertama

Sebagai bagian dari kerja sama ini, produk kendaraan listrik Katalis akan dilengkapi oleh cell lithium dan battery pack ABC sebagai sumber energi listrik penggerak.

Produsen motor listrik Katalis bekerja sama dengan produsen baterai ABCImam Santoso Produsen motor listrik Katalis bekerja sama dengan produsen baterai ABC

“Kami sangat bersyukur hari ini kami mendapatkan dukungan dari pihak ABC Lithium yang nantinya produk mereka akan kami terapkan ke produk-produk motor listrik kami”, ujar Gunanjar Barokah, Chief Executive Officer dari Katalis, dalam keterangan resminya.

Fokus utama dari kolaborasi ini adalah memberikan produk bernuansa nasional kepada konsumen Indonesia. Jadi, semakin banyak Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada motor listrik Katalis.

Baca juga: Katalis EV1000 MS, Motor Listrik Bernuansa Patriotisme

Hermawan Wijaya, Marketing Director PT International Chemical Industry (ABC Battery), mengatakan, bahwa salah satu komponen penting yang membuat kendaraan listrik berkualitas adalah baterai kendaraan listrik.

Produsen motor listrik Katalis bekerja sama dengan produsen baterai ABCDok. Katalis Produsen motor listrik Katalis bekerja sama dengan produsen baterai ABC

“ABC Lithium menjanjikan kualitas baterai yang sesuai dengan desain kendaraan listrik. Kita memastikan cell lithium dan battery pack yang dibuat di pabrik yang berada di Jakarta dengan standar kualitas internasional. Ini adalah generasi baterai lithium dengan material yang paling aman selama proses produksi dan aplikasi," kata Hermawan.

Hermawan menambahkan, PT International Chemical Industry sangat berterima kasih atas dukungan PT Katalis Jaya Indonesia yang membuat motor listrik dengan desain dan produksi di Indonesia.

"Penggunaan produk hasil buatan dalam negeri (ABC Lithium) akan memberi kenyamanan lebih bagi konsumen Katalis sampai ke purna jual yang mudah. Tentunya, dengan TKDN tinggi meningkatkan daya saing serta produktivitas industri produsen nasional," ujar Hermawan.

Baca juga: Spacebar, Skuter Listrik Lipat Kolaborasi Katalis dan Kamengski

Upaya Katalis Indonesia dalam menciptakan ekosistem ini membutuhkan kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak. Dalam waktu dekat Katalis Indonesia juga akan menjalin kerjasama dengan PT Matra Roda Piranti untuk meningkatkan jumlah produksi.

Produsen motor listrik Katalis bekerja sama dengan produsen baterai ABCserver Produsen motor listrik Katalis bekerja sama dengan produsen baterai ABC

Bimokumoro, Chief Research Officer Katalis, mengatakan, Katalis benar-benar ingin memajukan Industri kendaraan listrik di Indonesia, upaya-upaya semacam ini akan terus kami lakukan agar ekosistemnya terbentuk.

"Yang jelas kita tidak bisa sendirian dan kami upayakan untuk tetap menggunakan sumber daya lokal, hitung-hitung agar ekonomi kita segera bangkit," kata Bimokumoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com