Pandemi Covid-19, Gaikindo Optimis Target Penjualan Mobil Tercapai

Kompas.com - 10/08/2021, 19:51 WIB
Ilustrasi penjualan mobil. ISTIMEWAIlustrasi penjualan mobil.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) masih optimis untuk mencapai target penjualan kendaraan bermotor roda empat dan lebih tahun ini, sebanyak 750.000 unit walau di tengah pandemi Covid-19.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan, hal tersebut karena pasar dalam negeri masih punya potensi besar untuk bertumbuh di samping tersisanya cukup waktu sebelum tutup buku.

"Masih ada 5 bulan lagi dari Agustus sampai Desember 2021. Kalau ingin tercapai target 750.000 unit, maka paling tidak penjualan per-bulan 60.000 unit," katanya dalam Market Review IDX Channel, Selasa (10/8/2021).

Baca juga: Target 105.866 Kendaraan Listrik Beroperasi di Instansi Pemerintah

 Ilustrasi penjualan mobil. (Dok. Shutterstock) Ilustrasi penjualan mobil.

Untuk diketahui, berdasarkan data penjualan mobil dari pabrik ke diler atau wholesales sampai dengan Juli 2021 telah mencapai 460.000 unit.

Menurut Kukuh, relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) untuk kendaraan bermotor juga mempengaruhi angka penjualan sepanjang semester I/2021.

Kendati demikian, adanya PPKM Darurat yang berlaku pada Juli berdampak sedikit pada penurunan penjualan namun tidak separah seperti tahun 2020.

"Mudah-mudahan ini bisa terjaga sehingga kita bisa mencapai apa yang kita perkirakan dan industrinya juga akan tetap jalan," ujarnya.

Kukuh yakin, potensi dalam negeri yang masih cukup besar dengan jumlah penduduk sekitar 270 juta jiwa, saat ini rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih 99 mobil per 1.000 orang.

Baca juga: Pilihan Sedan Bekas Rp 50 Jutaan di Medan, Didominasi Honda dan Toyota

Ilustrasi penjualan mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi penjualan mobil

Sementara itu, Malaysia dengan penduduk sekitar 37 juta jiwa, rasio untuk kepemilikan mobilnya sudah mencapai 450 mobil per 1.000 orang.

"Thailand lebih tinggi dari Indonesia sekitar 240 mobil per 1.000. Artinya peluang penjualan mobil di Indonesia masih tinggi," tuturnya.

Belum lagi pada periode September 2021 juga direncanakan akan dihelat pameran otomotif GIIAS 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.