Sudah Siap, Pertamina Sediakan Fasilitas Fast Charging Mobil Listrik

Kompas.com - 10/08/2021, 19:32 WIB
Ilustrasi SPKLU KOMPAS.com/RulyIlustrasi SPKLU
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga sebagai Sub Holding Commercial & Trading, terus mengembangkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum alias SPKLU.

Upaya tersebut guna mendukung program percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di dalam negeri, yang tercantum dalam PP Nomor Nomor 55/2019.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, kini sudah ada enam SPKLU yang telah memiliki fasilitas fast charging, yakni di SPBU Fatmawati, SPBU MT Haryono, SPBU Lenteng Agung, SPBU Kuningan, SPBU Area Bandara Soekarno Hatta, dan Puspitek BPPT Serpong.

Baca juga: Update Harga Toyota Raize di Makassar per Agustus 2021

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Dok. PT Jasamarga Related Business (JMRB). Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)

“Sudah menjadi top of mind bahwa Pertamina adalah perusahaan penyedia bahan bakar primer bagi masyarakat Indonesia, mengikuti perkembangan teknologi," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (10/8/2021).

"Sebagai upaya menuju penggunaan energi yang ramah lingkungan, kami di sisi hilir sejak 2020 terus mengembangkan infrastruktur pendukung ekosistem kendaraan listrik yakni SPKLU, bekerja sama dengan beberapa partner strategis,” lanjut Alfian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga, bagi pengguna kendaraan listrik bisa langsung memanfaatkan fasilitas terkait di lokasi yang telah siap dan melakukan pengisian baterai kendaraan listriknya.

Waktu pengisian dengan SPKLU fast charging tersebut berkisar antara 30 menit hingga 1 jam. Secara bersamaan, saat ini Pertamina juga sedang mengembangkan menu SPKLU di aplikasi MyPertamina, sebagai layanan untuk mempermudah pengguna kendaraan listrik menggunakan SPKLU Pertamina.

Baca juga: Jangan Abai pada Tutup Radiator Mobil, jika Rusak Mesin Bisa Overheat

Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di FatmawatiPertamina Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati

“Ini adalah komitmen Pertamina Patra Niaga dalam mengembangkan dan menyiapkan infrastruktur hilir guna mendukung percepatan ekosistem KBLBB. Salah satu yang sedang kami siapkan saat ini juga adalah Battery Swapping Station," kata Alfian.

Ia melanjutkan, ke depan seluruh SPBU Pertamina juga akan terintegrasi dan lebih ramah lingkungan atau disebut dengan green energy station.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan bahwa transisi energi merupakan sebuah keniscayaan. Sehingga, perseroan berkomitmen untuk melakukan transformasi dan transisi energi dengan signifikan serta cepat.

"Target kami di sisi hilir ada 250–300 green energy station yang siap melayani masyarakat di tahun ini. Kami berterima kasih atas seluruh dukungan partner strategis serta pemerintah terhadap upaya Pertamina dalam menyiapkan infrastruktur hilir energi terbarukan di Indonesia,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.