Berburu Suzuki Swift Bekas, Termurah Mulai Rp 70 Jutaan

Kompas.com - 07/08/2021, 17:22 WIB
Ilustrasi Suzuki Swift GX bekas lansiran tahun 2014 Ilustrasi Suzuki Swift GX bekas lansiran tahun 2014

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika melihat mobil berjenis city car hatchback yang ditawarkan Suzuki di Indonesia, maka akan teringat satu model mobil yang sudah tidak diproduksi lagi. Mobil tersebut adalah Suzuki Swift.

Suzuki Swift berhenti dijual di Indonesia pada tahun 2017 silam. Hal yang unik dari Swift adalah platform yang digunakan sama dengan milik Ertiga dan SX4 yang notabene berbeda segmen.

Swift resmi mengaspal pertama kali di Indonesia pada tahun 2005 dengan status completely build up (CBU) alias diimpor secara utuh. Lantas Swift mulai dirakit sendiri oleh Suzuki Indonesia secara lokal mulai tahun 2007. Pada saat itu Swift dibekali dengan dapur pacu 1.5L.

Baca juga: Hadiah Terbaru buat Greysia dan Apriyani, Dapat City Hatchback

Untuk versi CBU, Swift tersedia dalam dua varian, yakni tipe GT dan GL. Sementara untuk Swift yang dirakit secara lokal, dua varian yang ditawarkan adalah ST (Standar) dan GT2 dengan bodi kit Swift Sport. Varian GT2 sendiri mengalami penyegaran minor dengan penamaan baru GT3.

Ilustrasi Suzuki Swift GX bekas lansiran tahun 2014 Ilustrasi Suzuki Swift GX bekas lansiran tahun 2014

Swift generasi selanjutnya meluncur di Indonesia pada tahun 2012, tepatnya saat ajang Indonesia International Motor Show 2012. Tersedia dua pilihan mesin, yakni 1.4L dan 1.6L khusus untuk varian Sport.

Pada tahun 2013, Suzuki Indonesia kembali mengimpor Swift secara CBU dari Thailand dalam dua tipe, yakni GX dan GL. Lalu pada 2015 diluncurkan varian baru yakni tipe GS.

Baca juga: Honda Monkey Terbaru Meluncur di Indonesia, Cek Harganya

Penjualan Swift lantas tindak berlanjut lagi pada tahun 2017. Pada tahun tersebut, telah hadir Baleno Hatchback sebagai penggantinya. Meski sama-sama berada di segmen hatchback, Baleno memiliki dimensi yang lebih besar.

Para pehobi otomotif roda empat saat ini tentu hanya bisa memiliki Suzuki Swift dengan cara berburu di bursa mobil bekas.

Dari pantauan Redaksi Kompas.com di beberapa sumber, Sabtu (7/8/2021), Swift bekas dibanderol dengan rentang harga yang cukup luas.

Interior Suzuki Swift Interior Suzuki Swift

Termurah, Swift bekas yang bisa ditemukan adalah versi CBU saat awal dirilis di Indonesia. Untuk lansiran tahun 2006 umumnya dipasang pada kisaran harga Rp 70 jutaan.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.