Bedah Spesifikasi MV2 4x4 dan Maung Buatan Pindad

Kompas.com - 06/08/2021, 13:31 WIB
Pindad MV2 4x4 KOMPAS.com/STANLY RAVELPindad MV2 4x4

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sukses dengan Maung, PT Pindad (Persero) resmi mengenalkan MV2 4x4 yang menjadi kendaraan taktis (rantis) terbarunya.

Secara tampilan, MV2 memiliki tongkrongan yang lebih modern dibandingkan Maung. Namun dari struktur bodi, banyak yang menganggap sama saja.

Begitu juga untuk urusan mesin, padahal bila diperhatikan dari spesifikasi yang diberikan, ada perbedaan dari out-put tenaga dan torsi yang diproduksi.

Baca juga: Pindad MV2 4x4 Dijual Umum, Berapa Harga dan Siapa Targetnya ?

Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.

Untuk lebih jelasnya, kita akan coba bedah perbedaan antara Maung dan MV2 4x4 mulai dari desain, kaki-kaki, sampai performanya.

Desain

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti disinggung sebelumnya, kemasan MV2 memiliki visual yang lebih modern dan terkesan futuristik. Apalagi dari bagian bumper dan gril yang dibuat menyipit dan dilengkapi pencahayaan LED serta dibalut kelir biru muda.

Tak hanya itu, bagian depan juga dilengkapi dengan winch layaknya kendaraan 4x4 pada umumnya. Hal yang sama juga diterapkan pada Maung, hanya saja memang bagian depan Maung terkesan lebih militer.

Pindad MV2 4x4KOMPAS.com/STANLY RAVEL Pindad MV2 4x4

Dari segi dimensi, MV2 memiliki panjang 5.220 mm, lebar 2.010 mm, dan tinggi 1.860 mm. Sementara Maung memiliki panjang 4.931 mm, tinggi 1.820 mm, dan lebar 1.640 mm.

Berdasarkan hal tersebut, jelas soal dimensi MV2 lebih unggul, tak heran bila VP Inovasi PT Pindad (Persero) Windu Paramartha, mengklaim interiornya lebih lapang dan modern.

Kaki-kaki

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.