30 Bus Listrik Siap Mengaspal di Jakarta

Kompas.com - 05/08/2021, 14:41 WIB
Bus listrik TransJakarta Mayasari Bakti INSTAGRAM/PT_MAYASARIBAKTIGROUPBus listrik TransJakarta Mayasari Bakti

JAKARTA, KOMPAS.com – Kehadiran bus listrik di DKI Jakarta semakin tercium. Pertama ada salah satu operator bus TransJakarta, Mayasari Bakti yang memamerkan satu unit bus listrik berlantai rendah dengan merek BYD K9 di akun Instagramnya.

Namun bus yang dipamerkan tadi hanya satu dari 30 unit bus yang didatangkan utuh dari China. Informasi ini pun dikonfirmasi oleh Ketua DPD Organda DKI Jakarta, Shafruhan Sinungan.

“Benar, PT Mayasari Bakti sudah mempersiapkan bus listrik untuk operasional di beberapa rute yang terintegrasi dengan TransJakarta,” ucap Shafruhan kepada Kompas.com, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Ini Daftar Harga Rocky, Xenia, Terios, Luxio, dan Grandmax per Agustus 2021

Transjakarta uji coba dua bus BYDDok. Transjakarta Transjakarta uji coba dua bus BYD

Shafruhan menjelaskan, dari 30 unit bus listrik, baru siap 20 unit saja. Sedangkan untuk 10 unit lainnya masih dalam proses dan akan segera dipersiapkan. Kehadiran bus listrik ini seharusnya seiring dengan HUT DKI Jakarta ke-494, 22 Juni 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Namun perilisan bus listrik ini harus mundur karena kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda,” kata Shafruhan.

Bus listrik ini merupakan model low-deck, sehingga beroperasi bukan di lajur khusus bus TransJakarta. Shafruhan mengatakan, rencana bus listrik Mayasari Bakti ini akan beroperasi di koridor 1, sebagai bus yang terintegrasi dengan TransJakarta.

Baca juga: PO KYM Trans Buka Rute Baru Jabodetabek-Surabaya, Tiket Rp 200.000-an

Bus listrik yang digunakan Mayasari Bakti ini memiliki model eksterior yang berbeda dibanding BYD K9 yang diuji coba komersil oleh TransJakarta. Perbedaannya ada pada bentuk eksterior yang lebih mengotak, serta jumlah bangku yang sudah disesuaikan dengan spesifikasi di Indonesia.

Untuk spesifikasinya, BYD K9 punya kapasitas baterai sebesar 324 kWh. Menggunakan AC Synchronous Motor yang menghasilkan tenaga 300 kW atau setara 402 TK dan torsi 1.100 Nm.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.