Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Rocky Pamor Sirion Redup, Begini Kata Daihatsu

Kompas.com - 23/07/2021, 10:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Meluncur pada akhir April 2021, Daihatsu Rocky langsung mendapatkan animo positif. Apalagi mengambil momen pemberian stimulus relaksasi PPnBM 0 persen yang saat ini berlangsung sampai Agustus 2021.

Tak heran bila Rocky juga langsung tancap gas memberikan kontribusi bagi penjualan Daihatsu di semester awal 2021. Total untuk retail mencapai 838 unit, sementara untuk wholesales sebesar 4.642 unit.

Namun demikian, tak bisa dipungkiri kehadiran Rocky menggangu performa produk Daihatsu lainnya, terutama yang sama-sama bermain di segmen lima penumpang, yakni city car Sirion.

Baca juga: Toyota, Suzuki, dan Daihatsu Kerja Sama Bikin Mobil Listrik Komersial

Rocky 1.0 R TC CVT ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Rocky 1.0 R TC CVT ADS

Walau beda genre, tapi kesamaan dalam hal kapasitas jumlah penumpang, ditambah harga yang sangat bersenggolan, membuat keduanya diam-diam harus berkompetisi.

Lantas apakah benar pamor Sirion redup imbas kehadiran Rocky ? menjawab hal ini Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan, keduanya memang bersinggungan, tapi secara persentase sangat kecil.

"Segmen keduanya berbeda, tapi memang benar ada singgungan kecil karena berdasarkan data survei sebelum Rocky meluncur itu sekitar 10 sampai 15 persen. Saat ini secara volume Sirion tidak terlalu besar, sehingga angka singgungan tak terlalu kelihatan," kata Amel dalam konferensi media beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kemenhub Tegaskan Aturan Perjalanan Darat Berlaku sampai 25 Juli 2021

Daihatsu Sirion ATKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Sirion AT

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), juga mengungkapkan hal senada.

Antara Rocky dan Sirion memang dari segi bentuk berbeda, tapi harga serta kapasitas penumpang bisa bersinggungan.

Namun demikian, Hendrayadi optimis keduanya memiliki konsumen yang berbeda lantaran karakternya juga beda. Belum tentu orang yang menyukai SUV pindah ke city car, begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Dua Bulan Mengaspal, Rocky Banyak Digemari Orang Kaya

Daihatsu Rocky 1.0 R TC ASAKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky 1.0 R TC ASA

"Akan sedikit beda kasusnya seperti Xenia dan Terios, meski MPV dan SUV, tapi sama-sama 7 penumpang. Karena bentuknya mirip-mirip, waktu itu sempat ada yang pindah-pindah. Tapi kalau Sirion dan Rocky, meski 5 penumpang dan harga hampir sama secara karakter beda, dan ini dua segmen yang beda juga," ucap Hendrayadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com