Kompas.com - 04/08/2021, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir seluruh pebalap merasakan gugup sebelum balapan. Bahkan, pebalap senior sekelas Valentino Rossi pun tetap merasakan ketegangannya hingga sekarang.

Padahal, Rossi adalah pebalap paling senior saat ini dengan jumlah start paling banyak. Meski demikian, pebalap yang dijuluki The Doctor itu mengaku tidak mudah mengatasi gugup sebelum balapan.

Baca juga: Musuh Bebuyutan, Biaggi Kangen Balapan dengan Rossi

Rossi mengatakan, semua dimulai pada Jumat atau bahkan Kamis malam. Seiring waktu berjalan, semakin dengan waktunya balapan.

Valentino RossiGold and Goose Valentino Rossi

"Tapi, tentunya Minggu adalah harinya. Khususnya, setelah warm up, ketika Moto3 dan Moto2 dimulai, itu tidaklah mudah," ujar Rossi, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (3/8/2021).

Rossi menambahkan, dirinya tidak memiliki trik khusus. Tapi, dia selalu mencoba untuk melakukan hal yang sama agar memiliki rencana yang jelas, bersiap untuk semuanya.

Baca juga: Rossi Mau Pensiun Bukan Dalam Kondisi Sekarang

"Dan sudah siap satu jam atau 45 menit sebelumnya. Jadi, semua yang Anda pikirkan hanyalah tentang balapan. Terkadang, saya berkumpul dengan para pebalap muda dari Academy dan saya lihat setiap orang memiliki caranya masing-masing," kata pebalap Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT) tersebut.

Valentino Rossi saat sesi tes Qatar jelang MotoGP 2021Gareth Harford Valentino Rossi saat sesi tes Qatar jelang MotoGP 2021

Menurutnya, ada yang mengatasi gugup tersebut dengan banyak tertawa. Tapi, ada juga beberapa yang di bawah tekanan sebelum balapan.

"Untuk saya sendiri, saya mencoba untuk beristirahat dari rutinitas dan bersiap. Saya membawa motor ke grid dan mencoba untuk berkonsentrasi di grid, hanya memikirkan tentang balapan, dan tidak yang lainnya," ujar Rossi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.