Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lihat Cara Rossi Atasi Gugup Sebelum Balapan

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir seluruh pebalap merasakan gugup sebelum balapan. Bahkan, pebalap senior sekelas Valentino Rossi pun tetap merasakan ketegangannya hingga sekarang.

Padahal, Rossi adalah pebalap paling senior saat ini dengan jumlah start paling banyak. Meski demikian, pebalap yang dijuluki The Doctor itu mengaku tidak mudah mengatasi gugup sebelum balapan.

Rossi mengatakan, semua dimulai pada Jumat atau bahkan Kamis malam. Seiring waktu berjalan, semakin dengan waktunya balapan.

"Tapi, tentunya Minggu adalah harinya. Khususnya, setelah warm up, ketika Moto3 dan Moto2 dimulai, itu tidaklah mudah," ujar Rossi, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (3/8/2021).

Rossi menambahkan, dirinya tidak memiliki trik khusus. Tapi, dia selalu mencoba untuk melakukan hal yang sama agar memiliki rencana yang jelas, bersiap untuk semuanya.

"Dan sudah siap satu jam atau 45 menit sebelumnya. Jadi, semua yang Anda pikirkan hanyalah tentang balapan. Terkadang, saya berkumpul dengan para pebalap muda dari Academy dan saya lihat setiap orang memiliki caranya masing-masing," kata pebalap Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT) tersebut.

Menurutnya, ada yang mengatasi gugup tersebut dengan banyak tertawa. Tapi, ada juga beberapa yang di bawah tekanan sebelum balapan.

"Untuk saya sendiri, saya mencoba untuk beristirahat dari rutinitas dan bersiap. Saya membawa motor ke grid dan mencoba untuk berkonsentrasi di grid, hanya memikirkan tentang balapan, dan tidak yang lainnya," ujar Rossi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/04/120200915/lihat-cara-rossi-atasi-gugup-sebelum-balapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke